« - »

Bangsa ini Harus Belajar Kedisiplinan (1)

Posted on 26 October 2004

Sungguh menggelikan bangsa ini. Ada peribahasa “Alon-alon asal kelakon”, yang seringkali diterjemahkan secara bebas menjadi “Biar Lambat Asal Selamat”. Namun seringkali peribahasa ini hanya menjadi slogan belaka, sekedar alasan klise belaka. Sungguh sering kita melihat banyak penyeberang jalan yang mempertaruhkan nyawanya dengan menyeberang di jalan yang ramai tidak pada tempatnya (tidak melalui jembatan penyeberangan, traffic light, maupun zebra-cross).

Ironisnya, menjadi suatu pemandangan umum yang saya jumpai setiap hari saat saya berangkat ke kantor, dimana polisi membantu menyeberangkan sekian banyak pelajar dan masyarakat walaupun didekatnya (even not more than 10 meters!) ada jembatan penyeberangan. Kacau. Apakah ini tanda bahwa aparat kepolisian juga tidak mensosialisasikan penggunaan jembatan penyeberangan ?? Seyogyanya, aparat kepolisian dengan sabar dan konsisten ‘memaksa’ masyarakat menyeberang pada tempatnya, kalau perlu dengan hukuman denda tertentu, yang dilaksanakan secara konsisten, adil, tanpa diskriminasi, dan penerimaan denda diserahkan secara penuh dan bertanggungjawab kepada kas negara.

Banyak penyeberang jalan yang berkilah “Wah, kalau lewat jembatan penyeberangan, traffic light, atau zebra-cross, jadi kejauhan; tidak efisien waktu dan tenaga!”. Mana yang lebih baik, mencoba menghemat waktu dan tenaga dengan menyeberang sembarangan, dan mempertaruhkan nyawa karena ditengah jalan harus berdiri beberapa saat menunggu jalanan sepi, menghadapi sekian banyak mobil dan motor yang melaju sangat kencang; hmm sungguh suatu pengalaman yang menegangkan.

Namun ada pula kejadian bahwa jembatan penyeberangan tidak dalam kondisi yang layak untuk digunakan, papan kayu atau lempengan besi jembatan sudah lapuk dan hampir rusak. Nah, disini diperlukan adanya masukan dari masyarakat pengguna jembatan penyeberangan kepada pihak yang berwenang, agar bisa dilakukan tindakan perbaikan sebelum ada sesuatu yang terjadi.

Maukah kita membuka lembaran baru untuk mendisiplinkan diri menyeberang jalan pada tempatnya ??

Popularity: 5% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


Leave a reply