« - »

Jangan Tunda Pekerjaan!

Posted on 12 November 2004

Seringkali saat menemui suatu permasalahan, kita enggan menanganinya dengan baik dan tuntas saat itu juga, kita berharap bahwa permasalahan itu akan terselesaikan dengan sendirinya, baik itu oleh orang lain maupun secara kebetulan saja. Namun harus kita ingat, menunda suatu masalah tidak akan menyelesaikan masalah itu sendiri; masalah itu akan datang kembali kepada kita dalam bentuk yang lebih besar. Dan seringkali kita menyesal dikemudian hari “Andai saja waktu itu saya menyelesaikan semuanya dengan tuntas”. Oleh karenanya, biasakan diri kita untuk menyelesaikan permasalahan yang ada secara tuntas, jangan tunggu permasalahan itu menjadi lebih besar.

Bahkan saya sendiri barusan mengalami suatu contoh kejadian yang mendukung pernyataan diatas. Sudah 1 bulan sebelumnya saya meminta pengadaan genset (entah beli, entah sewa, terserah keputusan management deh) untuk men-supply listrik bila ada kejadian listrik mati saat libur Lebaran sedangkan mail server harus nyala 24 jam. Oleh Utility Department, telah diajukan permintaan pengadaan dan tertulis bahwa genset harus tersedia maksimal 7 hari sebelum libur Lebaran. Apa yang terjadi ?? Ternyata sampai 2 hari sebelum Lebaran, baru pengajuan tersebut selesai diproses dan genset sewaan dikirim ke kantor untuk dipasang. Pada hari Kamis malam jam 21:00, kami melakukan uji coba genset dan apa lacur, voltage output dari genset tidak stabil sehingga UPS kami terengah-engah men-supply listrik untuk semua perangkat IT :-(. Pada hari Jumat pagi, setelah memanggil empunya genset untuk datang kekantor dan memeriksa genset, akhirnya kami yakin bahwa genset sewaan tersebut tidak laik pakai. Segeralah Purchase Department memesan genset baru untuk dikirim hari itu juga mengingat hari Jumat adalah hari kerja terakhir kami. Jumat sore, genset baru sudah datang dan kami melakukan percobaan, hasilnya ?? Sama saja, voltage output tetap tidak stabil. Pembelianpun dibatalkan, dan akhirnya selama libur Lebaran, Utility Dept disiagakan untuk menyalakan genset utama bila terjadi mati listrik; dan saya pun harus stand-by sepanjang liburan untuk memastikan mail server berfungsi dengan baik selama 24 jam penuh; hiks :-(.

Sungguh suatu upaya yang sia-sia bukan ?? Membuang sekian banyak waktu, daya, dan pikiran; dan kita kembali kepada titik awal tanpa ada kemajuan yang significant :-(.

Andai saja upaya penyediaan genset dilakukan tanpa tertunda sekian lama, tentu saja hasilnya akan jauh berbeda. Jadi harus kita ingat, suatu permasalahan tidak akan selesai kalau ditunda, ia akan datang kembali kepada kita dalam bentuk yang lebih besar. Oleh karena itu, jangan tunda pekerjaan !!

Saya yakin kita semua bisa merenungkan klausa diatas dan menemukan sekian banyak kejadian yang kita alami yang bisa merefleksikan bahwa klausa diatas benar adanya. Sungguh suatu bahan renungan yang berharga untuk dipikirkan saat libur Lebaran :-).

Popularity: 3% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


Leave a reply