« - »

UPS vs Genset

Posted on 9 March 2005

Wah hari ini sungguh kacau, jam 4 sore kurang, terjadi listrik mati namun sialnya genset tidak bisa dinyalakan (tidak tahu kenapa, mestinya bagian Utility yang bisa menjelaskan lebih lanjut). Listrik mati selama lebih dari 1 jam 20 menit, sehingga praktis semua UPS menjadi KO dan akibatnya beberapa server terpaksa mati dengan terpaksa :-(.

Saat listrik sudah menyala, semua user menanyakan kenapa komputer masih belum bisa digunakan. Bahkan masalah ini pun sampai ke pihak manajemen. Logika mereka, listrik sudah menyala, lalu kenapa komputer belum bisa digunakan ?? Sebenarnya simple saja, saat itu baterai UPS masih kosong (0%) sehingga sangat berisiko bila menyalakan semua server, karena bila terjadi gangguan listrik sekejab saja, UPS belum bisa berfungsi normal dan akibatnya server akan mati lagi dengan terpaksa. Andai saja ada yang bisa menjamin listrik mampu berjalan dengan baik, maka kami sih dengan senang hati akan menyalakan server dan semua perangkat jaringan secepatnya :-).

Akhirnya kami pun menyalakan server satu-per-satu, mengingat adanya kemungkinan proses CHKDSK yang begitu memakan waktu. Ternyata benar, bahkan sampai jam 22:15 ini pun proses CHKDSK masih berlangsung dengan beberapa kesulitan :-(. Hiks, kayaknya bakalan pulang pagi nih :-(.

Popularity: 5% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


3 Responses to 'UPS vs Genset'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' UPS vs Genset '.

  1. Bambang Widjanarko S, said,

    on May 30th, 2005 at 2:21 pm

    Hian, coba kamu pakai UPS ICA yang h batu baterainya basah( bukan kering) , kemudian ditambah aki yg voltagenya sama misal 12v x 2 untuk 24v , maka isa dipakai selama 24 x2 jam, tp ini sangat tidak direkomendasikan dari vendor misal ICA . supaya vendor menganjurkan mungkin supaya kita beli UPS saja yang banyak kali ,
    kantorku sudah memakai dan jalan fix

  2. hian said,

    on June 3rd, 2005 at 3:58 pm

    Idih, ngeri bener.. kebetulan kami pakai UPS APC dan tidak berani main-main dengan electricity ginian karena dulu dikantor (bangunan lama) pernah hampir terbakar karena short circuit. Lebih baik mah kita minta beli UPS lagi (or Extended Battery), toh perusahaan juga masih mau bayar untuk beli koq :-). Anyway, thanks atas masukannya.

  3. raihan said,

    on January 8th, 2016 at 9:53 pm

    gue datang dri masa depan

Leave a reply