« - »

Jiwa Marketing

Posted on 22 April 2005

Kemarin sore saya berkesempatan mengunjungi suatu toko gadget terkemuka di Semarang. Tokonya terkesan megah, terletak di lantai dua, parkirnya memadai (sayang harus membayar retribusi parkir tidak resmi) walau lokasinya di dalam perumahan. Showroom-nya ditata bagus dengan display sekian banyak gadget dan accessories-nya. Para karyawannya mengenakan baju seragam yang keren.

Saya melihat beberapa karyawan masih sibuk bermain game balap mobil dan browsing internet. Saya menanyakan ketersediaan screen protector untuk iPaq kesayangan; sayangnya mereka hanya punya merk Capcase, padahal saya ingin menggunakan Martin Fields. Pembicaraanpun terhenti, tanpa ada upaya untuk menawarkan atau menginformasikan produk lain yang sekiranya menarik. Mereka malah sibuk bercanda satu sama lain, main game, ataupun browsing Internet.

Sungguh hati saya tercekat. Memang benar kata ahli Marketing Indonesia Hermawan Kartajaya, bahwa Marketing seharusnya bukanlah sekedar suatu Department dalam perusahaan, melainkan Marketing seharusnya menjiwai setiap insan dalam perusahaan tersebut, mulai dari pimpinan perusahaan sampai office boy. Saya juga teringat akan konsep Pelayanan Sepenuh Hati, dimana setiap dari kita diingatkan untuk melayani pembeli dan calon pembeli dengan sepenuh hati, niscaya akan memberi hasil yang mengesankan.

Biarlah pengalaman ini dapat membuat kita merenungkan konsep Marketing sebagai jiwa perusahaan yang harus dimiliki oleh setiap staff tanpa terkecuali dan senantiasa mengingatkan semua staf untuk melayani dengan sepenuh hati.

[On 2210+6585+M8]

Popularity: 6% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


One Response to 'Jiwa Marketing'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' Jiwa Marketing '.

  1. masnur said,

    on April 6th, 2009 at 6:35 pm

    wah bener mas…. kalau servicenya kayak g2.. mendinga kabur aja mas….

Leave a reply