« - »

GSM vs CDMA

Posted on 28 June 2005

Akhirnya saya membeli HP CDMA ke-dua, yaitu Nokia 3125 yang cukup murah meriah :-D. Dan pembelian ini mengakibatkan kemenangan CDMA atas GSM untuk diri saya pribadi, dimana saat ini saya menggunakan 2 CDMA (Fren dan Flexi) dan 1 GSM (Halo). Hal ini sungguh kontradiksi di beberapa waktu yang lalu, dimana saya menggunakan 2 GSM (Halo dan Mentari/Simpati/XL) dan 1 CDMA (Fren).

Fenomena yang sama juga saya lihat terjadi di sekian banyak teman, khususnya penggemar gadgets maupun pria Simatupang (Siang Malam Tunggu Panggilan) :-D. Hal ini juga semakin menguatkan keyakinan bahwa keberadaan CDMA di Indonesia disalahartikan sebagai alat telekomunikasi yang murah, walaupun atas bantuan proteksi perundangan yang berlaku. Tanpa adanya operator CDMA yang murah, saya pikir masih banyak orang yang memilih GSM karena relatif lebih handal (terutama SMS, saya banyak mengalami delay SMS dari CDMA sejak pertama kali menggunakan CDMA, sampai sekarang :-() dan tidak perlu melakukan investasi handset baru.

Akankah fenomena ini berubah dikemudian hari ?? Well, mari kita tunggu kelanjutannya :-D.

Popularity: 5% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


Leave a reply