« - »

Lontong Tahu Blora – Mas Aris, Citarum

Posted on 27 July 2005

Bila Anda seorang penggemar Lontong Tahu Blora, maka Anda perlu mencoba warung Lontong Tahu Blora-nya Mas Aris yang terletak di Jalan Citarum. Lokasinya tepat di pinggir jalan raya, rasanya cukup mudah ditemukan karena ada begitu banyak mobil dan motor yang diparkir didekatnya, juga ada sekian banyak pembeli yang antri <g>.

Komposisi Lontong Tahu Blora adalah potongan tahu goreng, gimbal udang goreng, dan telur dadar goreng diatas potongan lontong, lalu diberikan irisan kol mentah, disiram kuah bumbu kacang, dan ditaburi kacang tanah goreng dan bawang goreng.

Secara pribadi saya pikir tahu dan gimbal goreng tidaklah terlalu istimewa. Di warung Mas Aris ini, rasanya kelebihannya terletak pada kuah bumbu kacang yang sangat segar dan tasty. Pertama, dia akan menghancurkan potongan cabe dan bawang putih di cobeknya, lalu dibubuhi kacang tanah yang sudah digiling halus dan disiram air kecoklatan (mungkin dari asam, dan bumbu lain?). Selanjutnya dia akan meng-uleg jeruk nipis dalam kuah bumbu kacang tadi, sehingga terasa lebih segar dan nikmat.

Bagi yang terbiasa makan nasi, juga bisa memesan lontong tahu-gimbal-telur tanpa lontong, dan memesan nasi putih yang ditaburi bawang goreng. Anda juga bisa meminta kol digoreng instead of kol mentah. BTW, kalau suka tempe, Anda juga bisa meminta ditambah irisan goreng tempe yang cukup enak juga. Oh ya, krupuk terung yang disediakan cukup enak rasanya dan sangat cocok disantap bersama lontong tahu ini.

Berhubung minggu lalu TV Borobudur menayangkan warung ini dalam acara “Huenak Tenan”, maka terasa pengunjung menjadi tambah padat dan waktu antri yang diperlukan menjadi lebih panjang. Semalam, saat saya, Elly, dan Brian ke sana, antrian begitu panjang. Beruntung disebelah saya ada om-om yang cukup ramah dan kami berdua malah mendiskusikan lontong tahu Blora dan persaingannya dengan penjual lain (kebetulan beliau adalah penggemar dan mungkin merangkap pengamat lontong tahu Blora kali yah ?? :-D).

Bagi yang ingin mencari makanan ringan dan segar diwaktu malam, lontong tahu Mas Aris sangatlah perlu dicoba.

Popularity: 11% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


14 Responses to 'Lontong Tahu Blora – Mas Aris, Citarum'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' Lontong Tahu Blora – Mas Aris, Citarum '.

  1. supri "wong semarang" said,

    on December 26th, 2006 at 4:41 pm

    enak tenan kok lontong tahu blora mas aris ini, pernah ada pengalaman, aku khan dah lama gak di semarang dah menetap di lampung, kebetulan pas pulang ke semarang aku main ke johar..eh hujan deras…sambil cari tempat berteduh.. aku mampir aja ke warung mas aris sambil cobain lontong tahunya……tadinya sekedar iseng untuk tunggu hujan reda…eh ternyata setelah mencoba…enak tenan….pingin nambah..tp gak tega anak dan istri di rumah mertua gak ikut rasain…akhirya mereka hanya merasakan crita lontong tahu blora mas aris saja..karena besoknya dah pulang ke lampung. klo pulnag nanrti pasti akan mampir ke warung mas aris dengan seluruh keluarga…..anak dan istri biar tahu enaknya makanan jawa..maklum lidahnya rasa sumatera……sukses untuk mas aris….dodolan terus ya…

  2. hian said,

    on January 2nd, 2007 at 1:23 pm

    #1: Pak Supri, lain kali harus ngajak keluarganya mampir ke sana yah, agar tidak cuman cerita enaknya lontong tahu Blora-nya mas Aris 🙂

  3. supri "wong semarang" said,

    on January 11th, 2007 at 4:49 pm

    pasti tenan, klo pulang semarang pasti mampir di warungnya mas aries, diajak semua keluarga…ok…sukses selalu buat wong semarang

  4. hian said,

    on February 1st, 2007 at 9:42 am

    Ok deh Pak Supri, sukses buat Anda juga!!

  5. mas lis said,

    on March 20th, 2007 at 3:03 pm

    waduuh enak tenaaan, jadi kangen ma blora.sebenere itu masakan mana toh? apa mofikasi dari mas aris saja soalnya setau saya masakan aseli blora itu yang terkenal yo sate blora…oh ya mas perkenal ken saya sulis aseli blora minta bantuan untuk informasinya millis cah-cah blora, terimakasih matur nuwun

  6. umardani said,

    on August 29th, 2007 at 3:28 pm

    om hian, aku wong semarang, sekarang ni di solo, kebetulan aku suka nulis2 kuliner, bisa ketemu ga om, mo wawancara dikit soal kuliner di smg
    makasih ya

  7. vandoyo said,

    on January 21st, 2008 at 12:11 pm

    wah kemaren aku sekeluarga ke tempate lotong tahu blora mas aris, rasane tetep mak nyusss

  8. slam said,

    on April 28th, 2008 at 10:52 am

    aku juga wong semarang. aku dulu sering ke mas aris
    yang kalo ngulek sambel masih pake muntu kayu(mungkin itu yang bikin enak ya).
    tak bookmark nih web ya

  9. hian said,

    on April 29th, 2008 at 1:39 pm

    Wah maaf ya teman2 semua, ternyata saya tidak sadar klo post Lontong Tahu Blora ini mendapat banyak komentar; soalnya saya memantau Most Recent Comments, sehingga mungkin pas terlewat waktu itu.

    @Mas Lis: Wah memang Blora yang terkenal adalah Sate Blora-nya, namun Lontong Tahu Blora juga rasanya cukup umum ditemui di berbagai tempat. Salam kenal juga ya

    @Umardani: Maaf terlambat membalas, selama jadwal bisa diatur, mestinya bisa ketemuan. Sukses untuk Anda!

    @Vandoyo: Wah selamat makan Lontong Tahu Blora deh..

    @Slam: Thanks sudah visit dan bookmark situs ini.

  10. blora.org said,

    on August 15th, 2008 at 2:01 pm

    Memang lontong Mas Aris Maknyuss

    Situs Komunitas Masyarakat Blora

  11. Mas Tunggal said,

    on September 19th, 2008 at 3:49 pm

    mas. ancer2nya mana to.. klo dr arah rmh skt pantiwiloso citarum kanan jln ya? poso2 pgn nyobain tu lontong tahu

  12. aldie said,

    on September 21st, 2008 at 12:01 pm

    Kayaknya kurang orisinil deh, mending ke blora aja lbih muanteeeeep tenan

  13. blora said,

    on March 15th, 2009 at 8:05 pm

    maknyus lek glender


  14. on May 4th, 2014 at 1:52 am

    dadi pengen muleh mboloro cah

Leave a reply