« - »

Tipikal Pemasaran yang Bertolak Belakang

Posted on 5 July 2005

Menyambung posting saya terdahulu mengenai Pemasaran yang Sehat dan Bertanggungjawab, ternyata dalam beberapa minggu ini saya berhadapan dengan pemasar yang cukup ignorant menurut saya, karena dia membiarkan sekian banyak kesalahan dalam penawarannya walaupun kami telah memintanya untuk merevisi penawarannya beberapa kali. Hal ini tentu saja menimbulkan keraguan. Bagaimana tidak ?? Lha wong saat meminta penawaran saja banyak salah, apalagi untuk men-deliver produk teknologi tinggi yang cukup rumit, apa bukannya tambah lebih parah ?? Juga ketidaktelatenannya melakukan follow-up kepada kami.

Kontrasnya lagi, dalam kurun waktu yang hampir sama, saya juga bertemu seorang pemasar yang cukup handal. Walaupun latar belakang kerja yang sebelumnya bukanlah berkaitan dengan IT, namun dia cukup fasih dalam menjelaskan produk-produk IT yang dia tawarkan dengan cukup baik. Hampir semua pertanyaan teknis dapat dia jawab. Hebatnya lagi, dia hafal harga jual dan spesifikasi teknis penting untuk hampir seluruh produk yang ditawarkan (walaupun memang produknya tidak sebanyak komputer dan aksesorisnya, namun bagi saya hal ini cukup mengagumkan). Belum lagi ketelatenannya dalam menghubungi saya dengan cukup simpatik karena belum mendapatkan keputusan atas hasil negosiasi.

Sungguh saya merasa banyak hal yang bisa dipelajari dari kedua tipikal pemasar yang bertolak belakang ini; dan juga ini menjadi cermin bagaimana kita semua belajar untuk menjadi seorang pemasar yang baik.

Popularity: 3% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


Leave a reply