« - »

Uji Saringan Tiga Kali

Posted on 14 July 2005

Di blog, saya membiasakan diri untuk tidak sekedar mengutip kata-kata bijak or humor; terkecuali ada pesan tertentu yang ingin saya sampaikan. Pada kesempatan ini, saya juga ingin mengingatkan perlunya melakukan uji saring untuk informasi yang kita peroleh, mengingat ini adalah era banjir informasi (apalagi dengan Internet). Namun tentu saja bila Anda sedang ditugaskan untuk melakukan investigasi tertentu, Anda tidak bisa melakukan hal se-ekstrim ini; bagaimana pun juga informasi perlu dan boleh diterima namun Anda harus melakukan check and recheck terlebih dahulu (lho, sounds like a TV show, doesn’t it ?? :-D). Wah, kayaknya kebanyakan baca komik Detektif Conan dan novell Sir Arthur Conan Doyle nih :-D.

Di zaman Yunani kuno, Dr. Socrates adalah seorang terpelajar dan intelektual yang terkenal reputasinya karena pengetahuan dan kebijaksanannya yang tinggi.

Suatu hari seorang laki-laki berjumpa dengan Socrates dan berkata, ” Tahukah Anda apa yang baru saja saya dengar mengenai salah seorang teman Anda ?”

“Tunggu sebentar” jawab Dr. Socrates. “Sebelum memberitahukan saya sesuatu, saya ingin Anda melewati sebuah ujian kecil. Ujian tersebut dinamakan Ujian Saringan Tiga Kali.”

“Saringan tiga kali ?” tanya laki-laki tersebut.

“Betul”, lanjut Dr. Socrates. “Sebelum Anda mengatakan kepada saya mengenai teman saya, mungkin merupakan ide yang bagus untuk menyediakan waktu sejenak dan menyaring apa yang akan Anda katakan. Itulah kenapa saya sebut sebagai Ujian Saringan Tiga Kali. Saringan yang pertama adalah KEBENARAN. Sudah pastikah Anda bahwa apa yang Anda akan katakan kepada saya adalah benar?”

“Tidak, belum tentu benar” kata laki-laki tersebut, “Sesungguhnya saya baru saja mendengarnya dan ingin memberitahukannya kepada Anda.”

“Baiklah” kata Socrates, “Jadi Anda sungguh tidak tahu apakah hal itu benar atau tidak. Sekarang mari kita coba saringan kedua yaitu : KEBAIKAN. Apakah yang akan Anda katakan kepada saya mengenai teman saya adalah sesuatu yang baik?”

“Tidak, sebaliknya, mengenai hal yang buruk” jawab laki-laki itu.

“Jadi,” lanjut Socrates, “ada ingin mengatakan kepada saya sesuatu yang buruk mengenai dia, tetapi Anda tidak yakin kalau itu benar. Anda mungkin masih bisa lulus ujian selanjutnya, yaitu: KEGUNAAN. Apakah apa yang Anda ingin beritahukan kepada saya tentang teman saya tersebut akan berguna buat saya?”

“Tidak, sungguh tidak” jawab laki-laki tersebut.

“Kalau begitu,” simpul Dr. Socrates, “jika apa yang Anda ingin beritahukan kepada saya tentang teman saya tersebut tidak benar, tidak juga baik, bahkan tidak berguna untuk saya, kenapa ingin menceritakan kepada saya?”

Oleh karena itu sobatku, janganlah sembarang menelan informasi mentah-mentah. Lakukan dahulu Uji Saringan Tiga Kali ini.

Popularity: 3% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


Leave a reply