« - »

Cara Kerja Blackberry Personal

Posted on 11 August 2005

Kebetulan saya mendapatkan kesempatan beberapa hari untuk mengotak-atik Blackberry, suatu solusi untuk mengakses e-mail secara mobile. Saya pikir Blackberry merupakan suatu handheld device yang cukup baik dan handal dalam mengakses e-mail. Dari hasil otak-atik Blackberry ini, saya mendapatkan suatu gambaran awal tentang bagaimana proses penerimaan e-mail di Blackberry (untuk pelanggan personal) yang saya jelaskan disini dan semoga bermanfaat bagi pengguna Blackberry di Indonesia (sebenarnya otak-atiknya sudah hampir 2 bulan lalu, tapi nulis artikel ini secara detil baru-baru ini saja).

  1. Saat mendaftar, Anda akan memperoleh suatu account e-mail gratis dari penyelenggara layanan Blackberry, misalnya namaanda@starhub.ap.blackberry.net. Setiap kali ada pesan masuk ke account e-mail ini, maka pesan tersebut akan terkirim ke device Blackberry secara cepat.
  2. Anda juga bisa mengkonfigurasi untuk mengambil e-mail dari account POP3 atau IMAP dari server lain melalui Blackberry Web Client di bagian Profile.
    Notes:

    • Blackberry secara default akan menggunakan IMAP untuk mengambil e-mail dari account lain (bilamana memungkinkan)
    • Perlu diingat, koneksi IMAP membutuhkan bandwidth dan resource yang lebih besar ketimbang POP3
    • Sedapat mungkin gunakan POP3 dan menghindari IMAP, terutama bila trafik e-mail Anda sangat tinggi
    • Untuk ‘memaksa’ Blackberry Web Client (BWC) menampilkan layar konfigurasi POP3/IMAP, Anda bisa memasukkan informasi e-mail yang salah sehingga BWC akan menampilkan halaman setting Advanced Server, yang memungkinkan kita memilih jenis koneksi dan setting lain yang lebih detil
    • Cara ini relatif lebih lambat ketimbang cara pertama, karena ada konsep siklus pengambilan e-mail di BWC dalam suatu periode waktu tertentu
  3. Alternatif lain, kita bisa mengkonfigurasikan e-mail account kita di server lain untuk mem-forward pesan yang masuk ke account utama @blackberry.net. Pendekatan ini juga mempunyai keuntungan (terutama bila menggunakan Mail Server kita sendiri) karena kita dapat memonitor kelancaran pengiriman dengan membaca log Mail Server yang ada.
  4. Ada juga program Blackberry Redirector yang bisa Anda dapatkan di CD Blackberry. Program ini akan memonitor Microsoft Outlook di PC kita dan secara otomatis mem-forward pesan-pesan baru ke Blackberry. Namun kelemahannya, komputer kita harus menyala dan terhubung ke Internet untuk 24 jam terus menerus :-( .
  5. Bila Anda menggunakan BlackberryOS versi 3.6 keatas, Anda juga bisa meng-install software e-mail tambahan misalnya seperti Reqwireless EmailViewer.

Sejujurnya, saya pikir alternatif ke-4 dan 5 kurang layak dipakai. Ngapain pakai Blackberry kalau kita harus menyalakan komputer dan mengaktifkan Outlook dengan koneksi Internet yang aktif selama 24 jam terus menerus ?? <g>. Juga untuk apa kita harus membeli software e-mail tambahan untuk dipasang di Blackberry ?? Kalau memang harus membeli software tambahan, lebih baik dipasang di handphone kita yang lain saja. Namun demi lengkapnya cara kerja penerimaan e-mail di Blackberry, tetap saya cantumkan :-) .

Popularity: 25% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


12 Responses to 'Cara Kerja Blackberry Personal'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' Cara Kerja Blackberry Personal '.


  1. on September 18th, 2007 at 1:54 pm

    apakah blacberry berfungsi untuk mengakses email baik dengan POP3/IMAP saja?
    apakah blackberry bisa dugunakan juga sebagai telepon genggam seperti layaknya kebanyakan orang pakai?

    Terima kasih

  2. hian said,

    on October 5th, 2007 at 3:27 pm

    #1: Pak Cecep, Blackberry bisa mengakses e-mail dengan protokol POP3 dan IMAP; namun untuk lebih detailnya, bisa lihat di sini.

    Oh ya, Blackberry juga bisa dipakai sebagai telpon genggam seperti layaknya telpon genggam lain, walaupun rasanya harus pakai handsfree/earphone agar lebih nyaman.

  3. dio said,

    on November 6th, 2007 at 10:35 am

    saya agak pusing nih pak dengan blackberry, saya setting untuk POP3, namun tiap kali download email kenapa tidak semua ya yg masuk, dari 10email kadang cuman masuk 3-5 email saja.
    Terus ada gak ya setingan leave copy message kayak di outlook, soalnya kalau pingin tarik email di pc gak bisa nih kalau sudah terdownload di black berry.

  4. Hadi said,

    on November 8th, 2007 at 4:44 pm

    Pak, jika saya pake Mailserver laen diluar exchange dan domino ga ada cara laen harus pake cara ke 3? saya pake MDaemon.
    lalu pertanyaan laen ,
    bagaimana dengan attachment2 spt excel, word,ppt (Mic.Office group) apakah bisa di buka di BB?

  5. hian said,

    on December 5th, 2007 at 5:08 pm

    #3: Pak Dio, Anda bisa menggunakan auto-forward di account POP3 Anda. Saya menggunakan metode ini karena lebih terjamin (dan saya bisa check di SMTP-Out log) dan lebih cepat.

    #4: Pak Hadi, selain Exchange dan Domino, tentu saja Anda bisa menggunakan cara ke-2 (Blackberry Web Client yang mengambil mail Anda) atau cara ke-3 (auto-forward). Mengenai attachment, bisa dibuka di device blackberry koq.

  6. adait said,

    on October 8th, 2008 at 8:43 pm

    mlm pak,
    saya baru mau coba pake bb nih, kl belisecond itu masalah gak , katanya harus reset pin atau software krn data yang lama sudah masuk ke RIm di kanada,bener gak itu pak, tks

  7. hari d said,

    on March 28th, 2009 at 3:35 pm

    Mohon informasi apakah Balckberry 8320 dapat akses ke email exchange spt :https:/domain/exchange ? karena saya coba email di BBtsb bisa, namun untuk secure mail exchange kok sulit ya? padalah alamat yg diberikan oelh corporate sudah benar dan beberapa rekan dapat akses dg alamat tsb tapi dia pakai bold, mohon pencerahannya

  8. ari said,

    on April 21st, 2009 at 1:11 pm

    napa ya kalo windows mail udah kebuka yg di BB gak bisa terima emailnya

    thanks

  9. denni said,

    on July 7th, 2009 at 7:20 pm

    pak numpang tanya yach..
    kalo pas lagi browsing pake blackberry, pas itu ada telpon masuk bisa apa ngga ya?
    jadi telponnya bisa masuk apa ngga ke hp kita?

  10. aa said,

    on July 10th, 2009 at 3:29 pm

    gimana cara mengaktifkan internet di blackberry 8320,yang hemat pake telkomsel,indosat atau XL..jawabannya sngat di butuhkan

    trims


  11. on August 20th, 2009 at 8:21 pm

    Pak Mau numpang nanya apakah untuk blackberry bisa terima undangan yang dikirim melalui outlook sehingga undangan tersebut bila telah dikirim melalui outlook akan mengupdate calendar kita ?

    Dan bisa gak blackberyy di instal outlook

    terima kasih

    tolong jg di reply ke email saya pak

    salam

  12. primayuda said,

    on March 25th, 2010 at 11:49 am

    Pak saya mau nanya kalau ada pesan masukke email kan kita juga bisa tau lewat blackberry,klo kita ngirim email bisa ga email yang kita kirim tersimpan di server atw email induk kita?

    Mohon jawaban juga dikrim ke email saya ya pak.

    terima kasih.

Leave a reply