« - »

Jangan Asal Copy-Paste

Posted on 25 August 2005

Barusan ini ada gerakan “Jangan Asal Copy-Paste” yang dikumandangkan oleh JaF. Gerakan ini sangatlah menarik karena semakin maraknya insiden kutip-mengutip yang banyak kita jumpai akhir-akhir ini (semestinya saya rasa sudah lama terjadi, namun mungkin karena sudah ada blog, penulis menjadi punya media untuk menyampaikan uneg-unegnya :-)).

“Jangan Asal Copy Paste” adalah sebuah ajakan moral untuk mulai menghargai hasil karya para blogger, karena apapun isinya, apapun wujudnya, blog adalah juga sebuah hasil karya cipta.

Bentuk penghargaan yang paling sederhana adalah dengan mulai membudayakan kebiasaan-kebiasaan seperti penyebutan sumber atau url jika kita mengutip atau menerbitkan ulang sebuah materi yang diambil dari blog. Akan lebih baik lagi jika kita juga mulai membudayakan kebiasaan menghubungi pemilik/ penulis blog untuk meminta izin melakukan pengutipan atau penerbitan ulang. Bukankah salah satu esensi blogging adalah untuk juga mencari teman?

Secara pribadi, saya sangat setuju dan mendukung gerakan moral ini. Hanya saja saya ingin menambahkan bahwa gerakan ini seyogyanya jangan dibatasi pada blog saja, melainkan pada semua informasi yang bisa kita dapatkan di Internet, terlebih bila kita tidak melakukan proses yang menambah nilai (Value Added). Semoga dengan gerakan ini, banyak orang sadar akan arti pentingnya kreativitas dan malah terpacu untuk belajar dan berani untuk mengungkapkan isi hati dan pemikirannya melalui tulisannya sendiri.

Popularity: 5% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


Leave a reply