« - »

Ada Apa dengan Borland??

Posted on 11 October 2005

Wow, hari ini saya baru saja membaca dua berita yang cukup membuat saya berkerut kening.

Pertama adalah kabar Chad Hower bekerja di Microsoft sebagai Regional .NET Developer Advisor untuk wilayah Middle East dan Africa. Bagi yang belum tahu, Chad Hower adalah Project Coordinator untuk Indy Project, dengan produk pionirnya yaitu Indy (sekarang bernama Indy.Sockets), suatu Open Source Socket Library yang sangat membantu saat melakukan komunikasi data melalui TCP, UDP, ataupun protokol tingkat tinggi seperti SMTP, POP3, HTTP, FTP, dll. Disamping itu, Chad Hower juga memegang peranan penting di Atozed Software, perusahaan yang mengembangkan IntraWeb, suatu Web Application Framework yang sangat baik dan bisa digunakan di Delphi, Kylix, dll.

Kedua adalah kabar Patrick Kerpan mengundurkan diri dari Borland. Mungkin banyak yang tidak kenal nama tersebut, namun Patrick Kerpan adalah CTO Borland yang menggantikan Blake Stone (yang pindah bekerja ke Microsoft).

Tentu saja dua hal ini makin menambah puyeng dunia per-Borland-an, setelah dirundung sekian banyak kejadian hingga yang terakhir adalah pengunduran diri Dale Fuller (CEO) maupun keputusan Scott Arnold (CEO baru pengganti Dale) untuk memfokuskan Borland pada ALM (Application Lifecycle Management) dan SDO (Software Delivery Optimization), yang pada akhirnya mengundang banyak protes dari komunitas Delphi yang sangat solid dan berkomitmen tinggi untuk keberlangsungan Delphi dan Borland sendiri.

Delphi merupakan suatu produk yang unik, punya suatu kharisma dan komunitas yang sangat antusias dalam mendukung Delphi. Jangan sampai salah menilai Delphi hanyalah IDE seperti JBuilder. Seperti yang diutarakan Marco Cantu, Delphi adalah gabungan dari IDE, Compiler, Library, dan komunitas. Sayangnya management yang sekarang lebih memfokuskan diri pada hal-hal lain yang (kelihatan) lebih besar, yang membuat sedih, gusar, bingung para penggemar Delphi yang fanatik.

Semoga Borland bisa kembali menemukan jati dirinya sebagai produsen developer tools yang solid dan terbaik, seperti sedia kala.

Popularity: 3% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


Leave a reply