« - »

Copy Protection

Posted on 25 October 2005

Kebetulan minggu lalu saya menghadapi masalah yang diakibatkan copy protection. Ada suatu aplikasi yang kami beli dari software vendor, digunakan sangat intensif setiap hari (dari jam 07:00 s/d 17:00). Aplikasi tersebut dilindungi dengan suatu copy protection, dimana keydisk harus dimasukkan ke floppy drive tatkala aplikasi tersebut dijalankan. Aplikasi tersebut telah berjalan 3 tahun, dan tiba-tiba tidak bisa berjalan lagi dan menampilkan pesan “Security Error”. Usut punya usut, ternyata keydisk tidak dapat dibaca dengan baik (mestinya karena sudah aus setelah dipakai sekian lama). Semestinya ini problem yang simple bukan?? Tinggal menghubungi vendor, selesai. Sayangnya vendor lokal tidak bisa membantu karena informasi kontak tidak dimiliki. Kami harus berjuang mencari sendiri. Kartu nama yang saya punya 3 tahun lalu tidak banyak membantu, karena ternyata perusahaan tersebut telah berpindah tempat. Singkat cerita, kami dapat menghubungi perusahaan itu dan membeli keydisk pengganti.

Lalu apa permasalahannya??

Kami sebagai pembeli legal atas aplikasi tersebut dipusingkan selama 1 minggu lebih karena rusaknya keydisk. Konyolnya, untuk memperoleh keydisk pengganti, kami membayar suatu jumlah nominal yang cukup mahal. Mengingat aplikasi tersebut membutuhkan hardware tertentu yang spesifik, juga harus dikonfigurasi secara khusus yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu pula (dalam hal ini teknisi perusahaan ybs), maka saya berkesimpulan bahwa copy protection ini dimaksudkan untuk melindungi vendor dari kemungkinan terjadinya pemasangan aplikasi tidak legal oleh teknisi (atau ex-teknisi) mereka sendiri!! Karena jelas, konsumen awam tidaklah tahu kemana harus membeli hardware yang dibutuhkan tersebut, juga tidak tahu bagaimana caranya melakukan konfigurasi agar aplikasi dapat berjalan sesuai yang dikehendaki.

Saya juga seorang pembeli legal beberapa produk Edu-Games, produsen aplikasi permainan pendidikan. CD-ROM aplikasi harus dimasukkan ke dalam CD-ROM Drive saat menjalankannya. Sungguh suatu kerepotan tersendiri, selain juga kekhawatiran yang timbul karena CD-ROM bisa saja rusak/aus. Selain itu, aplikasi Edu-Games yang baru (seperti Kiky Kelinci) menggunakan skema copy protection yang lebih baru, yang malah sering menyebabkan komputer hang dan aplikasi tidak memberikan respons. Sudah 1x saya menukar CD Kiky Kelinci, namun masih saja bermasalah; sampai-sampai anak saya malas menggunakannya sekarang.

Sempat saya tertarik untuk membeli aplikasi permainan pendidikan lain yang harganya cukup mahal (sekitar Rp 450 ribu per judul). Saat saya bertanya mengenai cara dan biaya penggantian CD bila terjadi kerusakan, sang penjual menjelaskan bahwa saya harus membeli aplikasi tersebut dengan harga yang sama. Busyet, masakan CD-ROM aplikasi disamakan dengan lisensi penggunaan?? Yang bener aja!! 🙁

Saya cukup setuju dengan pendapat Chad Hower mengenai pembajakan software. Tidaklah perlu memusingkan diri sendiri mencari algoritma copy protection yang tidak tidak bisa ditembus, yang menjengkelkan konsumen legal, dan pada akhirnya merugikan software vendor itu sendiri. Ketimbang pusing tujuh keliling seperti itu, lebih baik mengembangkan aplikasi dengan content yang lebih baik dan bervariasi, menetapkan harga yang lebih merakyat, serta memberikan nilai tambah bagi pengguna legal, sehingga kebanyakan pengguna lebih memilih untuk membeli versi legalnya; yang pada akhirnya dapat meningkatkan volume penjualan secara keseluruhan. Kalaupun toh tetap ingin mengimplementasikan copy protection, buatlah skema penjualan yang mendukung pengguna legal dengan fasilitas pembelian keydisk/CD-ROM pengganti bila yang asli rusak dengan harga minimal dan wajar ditimbang dari harga software tersebut.

Popularity: 13% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


11 Responses to 'Copy Protection'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' Copy Protection '.

  1. dedde said,

    on November 23rd, 2007 at 6:41 pm

    huahuahua…ga’ ada protection yg ga’ lolos dg alcohol 120 … 4x gw dikecewain cd edugames … dah keluar duit banyak ga’ ada solusinya … sekarang ? … copy ajaaaa

  2. hian said,

    on December 6th, 2007 at 9:17 am

    #1: Bung Dedde, thanks atas informasinya. Kebutuhan saya sudah tercukupi dengan CloneCD, tapi ya cuman untuk backup pribadi saja.

  3. adidjaja said,

    on April 10th, 2008 at 9:13 am

    pakai vitual driver aja supaya CD nya tak rusak

  4. hian said,

    on April 11th, 2008 at 12:10 pm

    @Adidjaja: Thanks atas informasinya ya, selama ini sih saya pakai CloneCD saja..

  5. Ferry said,

    on February 26th, 2009 at 4:43 pm

    Bung Dedde, saya punya masalah yang sama. Saya ada beli CD Edu Game original, mau dibackup supaya kalau rusak ada gantinya. Tetapi sepertinya program Edu Games terlalu canggih untuk di buat bajakan di komputer seperti biasanya. Saya sudah coba copy pakai Nero, Clone CD, Alcohol 120% dan Magic ISO (termasuk virtual disknya) tapi tetap saja gagal. Berhasil di copy tapi prgramnya “detect” kalau itu bukan CD original.
    Ada yang punya solusi?

  6. deden said,

    on May 13th, 2009 at 4:39 pm

    coba kunjungi blog ini, sptnya bisa membantu deh 🙂

    http://khiang.wordpress.com/2008/12/25/proteksi-anticopy-edu-games/

  7. krishna said,

    on July 23rd, 2009 at 9:32 pm

    saya juga baru membeli 1 paket cd games, isinya 5 cd. saya juga mau membackupnya, takut sewaktu2 kalau rusak, namun ketika di copy maupun di image gak bisa. nah setelah googling akhirnya saya mendapatkan solusi.. kalau mau tau caranya silahkan berkunjung ke blog

    http://www.palembangcenter.com/index.php/tutorial/45-umum/168-copy-protected-cd-copy-cd-yang-terproteksi-dengan-isobuster.html

    maaf saya menyertakan link nya, mudah2an tidak dianggap spam ya

  8. Moin Ansari said,

    on July 28th, 2009 at 9:50 pm

    I want to burn a cd and I want that no body can copy this cd which I burned and nobody can copy any folder from this cd. Now what can I do?

  9. elthazor said,

    on January 19th, 2010 at 10:55 am

    @Moin

    there are no perfect protection in this world except from the GOD. 😉

  10. foxtrotcol said,

    on February 1st, 2010 at 3:03 pm

    Pakai clone cd aja.
    Tapi installnya harus pakai cd original.
    Mainnya baru pakai cd copyan.
    Aku baru cari caranya juga untuk supaya bisa untuk installnya.
    Tanggung tuh kalau masih pakai cd originalnya.

  11. yok said,

    on February 22nd, 2010 at 4:04 pm

    pake isobuster aj mas…

Leave a reply