« - »

Menang

Posted on 30 November 2005

Sore ini ada telpon ke HP saya, dari nomor 0888-178-5933. Waktu saya angkat, terdengar suara seorang pria dengan cara bicara yang meyakinkan, “Selamat Pak, Anda pelanggan Mobile-8 yang beruntung terpilih mendapatkan hadiah uang yang akan ditransfer ke rekening Bapak”.

Saya pun menjawab “Wah terimakasih. Ceritanya gimana sih Pak?? Dengan siapa saya berbicara??

“Dengan Pak Herry Gunawan, Pak. Jadi Bapak terpilih dari sekian banyak pelanggan. Maaf, dengan bapak siapa ini??”

Lho, katanya dari Mobile-8, koq tidak tahu nama saya??

“Soalnya Bapak khan pakai nomor prabayar, sehingga tidak terdaftar di sini”

Nomor prabayar??

Menyadari kemungkinan bahwa saya pelanggan paska-bayar, sang pria tadi berkata “Hmm bukan begitu, ini menelponnya pakai Internet. Jadi tidak muncul namanya”

Busyet, ini sudah kelihatan sekali kalau saya sedang berhadapan dengan seorang penipu bermodus menang hadiah seperti yang digembar-gemborkan selama ini. Saya pun dengan antusias meneruskan pembicaraan, maklum, baru pertama kali ini menghadapi penipuan semacam ini secara live :-D.

Oh gitu, nama saya Rudy. Bapak di kantor Mobile-8 yang dimana??

“Di Kebon Sirih”

Lantai berapa Pak??

“Lantai 20. Bapak punya rekening Bank apa, soalnya hadiah ini akan segera ditransfer ke rekening Bapak”

Bank Mandiri

“Ada kartu ATM??”

Waduh, sayang sekali tidak punya, Pak. Lalu bagaimana ini?? Saya tertarik lho untuk mendapatkan hadiah seperti yang Bapak sampaikan tadi. Omong-omong, berapa sih hadiahnya Pak??

“Wah tidak punya kartu ATM ya?? Harus kami diskusikan dulu nih, nanti kita akan menghubungi Bapak kembali” dan telpon pun ditutup.

Jadi agak menyesal, seharusnya saya menjawab bahwa saya punya kartu ATM agar permainan menarik ini tidak berakhir begitu cepat :-(. Hiks, sayang deh…

Saya pun segera menelpon ke rekan yang bekerja di Mobile-8 dan menceritakan hal ini. Serta merta dia menyatakan ini penipuan (jelas dong, saya juga tahu :-)) dan menyarankan untuk tidak menghiraukannya. Namun dasar saya sedang ada mood iseng, lagian penasaran koq banyak orang bisa ketipu dengan modus seperti ini, jadi saya tertarik untuk meneruskan permainan menarik ini :-).

Sayang sekali, beberapa kali saya menelpon nomor tersebut diatas, tidak tersambung (tidak diangkat dan yang terakhir ini malah di-reject :-(. Hiks, batal deh melakukan keisengan lain).

Yang penting, kita jangan sampai terkena tipu daya mereka, sekaligus melakukan edukasi kepada masyarakat agar tidak tertipu. Klo perlu, semua nomor HP yang terdeteksi melakukan upaya penipuan seperti ini, kita kumpulkan jadi satu dan sebarluaskan sehingga masyarakat menjadi lebih aware akan upaya penipuan semacam ini dan dengan bijak menindaklanjutinya agar tidak menjadi korban penipuan.

Popularity: 5% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


2 Responses to 'Menang'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' Menang '.

  1. lutfi said,

    on December 1st, 2005 at 10:33 am

    hehehe aku juga pernah ikutan “ditipu live”, cuman caranya aku ngaku punya atm dan minta ditelepon lagi 1 jam kemudian, karena aku harus menuju atm tersebut hehehehe.. nah satu jam berikutnya, dia telpon lagi, aku bilang bank ini atm nya rusak, terus aku bilang masih punya bank lain dan minta ditelpon lagi 1 jam kemudian hehehehehe….

    nah aku pancing ngobrol ngalor ngidul, dan terakhir aku sudahi obrolan dengan bilang “Maaf Anda tertipu nii yeee…” terus dia bales dengan menyebutkan temen2 dia dikebon binatang….

    lumayan dia kehilangan pulsa 1 jam an

  2. hian said,

    on December 12th, 2005 at 9:55 am

    Wah lumayan sukses juga yah.. Saya salah juga nih, harusnya saya juga ngaku punya kartu ATM, dan klo mereka minta kita ke ATM, kita ngakunya sudah di dalam ATM aja, lalu ndengerin rahasia mantra kesuksesan mereka menipu orang-orang seperti yang sering kita baca/lihat di media masa.

Leave a reply