« - »

ATM dan WinNT

Posted on 9 January 2006

Kemarin malam kami harus mengambil uang ke ATM suatu bank ternama di negeri ini. Saya duduk di mobil sambil mendengarkan alunan Josh GrobanYou Raise Me Up” tatkala Elly ke ATM tersebut. Tidak lama kemudian, dia kembali ke mobil dan berkata “Wah ATM-nya baru di-install“. Merasa aneh, saya pun bergegas mematikan mesin mobil, turun, dan menengok ke mesin ATM tersebut.

Ternyata sedang muncul layar PC sedang booting, lalu yang mengejutkan, muncul layar legendaris yaitu startup-nya WinNT 4.0 SP 6. Disana jadi terlihat bahwa PC yang digunakan di mesin ATM tersebut mempunyai RAM 128MB dan 1 partisi (karena tampilan 3 titik di layar biru startup WinNT). Tidak lama kemudian, muncul layar untuk login. Jelas terlihat bahwa WinNT tersebut dikonfigurasi untuk auto-login. Lalu muncul script batch yang dijalankan, (IIRC) mulai dari SP1RunAp.bat, SP1RunClear.bat, etc. Lalu muncul window Welcome to Internet Explorer. Saya pun mencoba menekan semua tombol ATM secara bergantian, dan saya baru tahu kalau hanya satu tombol yang digunakan yaitu di kanan atas (namun hanya me-refresh window Welcome to Internet Explorer saja). Pada akhirnya, ATM tersebut tetap tidak bisa dijalankan sebagaimana mestinya. Apa mungkin ada staff Technical Support yang akan me-remote ATM tersebut untuk mengaktifkan aplikasi ATM yah?? :-(. Bila iya, sungguh disayangkan.. kenapa koq tidak diatur untuk mengaktifkan aplikasi ATM secara otomatis yah??

Sungguh diluar dugaan, mesin ATM menggunakan WinNT!! Jangan-jangan ntar banyak aktivis Linux yang komplain koq ndak pakai Linux yah :-D. Apakah hal ini disebabkan karena kemudahan mengembangkan aplikasi grafis berbasis Windows yah?? Sayang sekali malam itu kami tidak membawa handphone dengan fitur kamera, sehingga tidak bisa mengabadikan momen yang cukup menarik itu :-(.

Popularity: 5% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


Leave a reply