« - »

Timing Pemasaran yang Salah

Posted on 27 January 2006

Tadi malam sekitar jam 21:40, telpon rumah pun berdering. Waktu itu saya sedang bersantai di kamar, berbincang-bincang dengan Elly sembari membaca buku yang baru dibeli: Linux for Windows Administrator yang dikarang oleh Mark Minasi bersama Dan York. Kami pun cukup terkejut dibuatnya. Elly mengangkat telpon, ternyata ada seseorang bernama Eko mencari saya. Saya tercekat, jangan-jangan kantor ada masalah, karena saya punya rekan kerja bernama Eko juga (apalagi semalam kami memang lembur dan saya sampai di rumah jam 21.00). Tapi Elly pun heran, Eko tapi suaranya koq perempuan. Untuk kedua kalinya saya tercekat, jangan-jangan ada masalah dengan plotter di kantor, karena ada staff perempuan di divisi CAD yang bernama Eko. Telpon pun segera saya terima dengan perasaan was-was. Guess what??

Ternyata si Eko ini adalah seorang tenaga pemasaran kartu kredit yang sama sekali belum saya kenal sebelumnya. Walaupun ada rasa lega karena berarti kantor tidak ada masalah, namun rasa dongkol dan jengkel begitu menggelora di hati. Saya pun dengan ketus berkata “Ibu Eko, saya sangat appreciate sekali bila Anda menelpon saya tidak pada waktu semalam ini. Apakah tidak ada waktu lain yang lebih pantas untuk menawarkan produk??”. Dia pun berkilah “Lah tadi siang saya telpon ke kantor namun Bapak tidak di tempat terus”.

Saya pikir ini adalah contoh typical pemasar yang tidak tahu etika. Dia tidak tahu kapan waktu yang baik untuk menghubungi calon konsumennya. Walaupun dia tidak bisa menghubungi calon konsumennya, namun hal itu tidak memberikannya hak untuk menghubunginya pada saat selarut itu. Lain halnya bila dia memang diminta sang calon konsumen untuk menghubungi jam segitu.

Saya harap perusahaan dapat mengedukasi tenaga pemasarannya agar bisa punya etika yang lebih baik. Bagaimana pun juga, saat berhadapan dengan konsumen dan calon konsumen, pemasar adalah wakil dari perusahaannya.

Popularity: 6% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


Leave a reply