« - »

Harpitnas

Posted on 31 March 2006

Hari ini adalah Harpitnas (baca: Hari Kejepit Nasional) yang diresmikan pemerintah SBY menjadi hari cuti bersama. Diberitakan bahwa pemerintah berencana menetapkan cuti bersama tahun 2006 dan 2007 masing-masing selama enam hari. Alasannya, untuk memberikan lebih banyak waktu bagi para pekerja dan pegawai agar bisa meluangkan lebih banyak waktu untuk bersilaturahmi dengan keluarga, sanak saudara dan sahabat. Juga menjadi waktu untuk memupuk energi supaya selanjutnya semua bisa melakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya dan tidak tambah bermalas-malasan.

Sungguh saya heran, tanpa perlu ditetapkan pun, Indonesia sudah memiliki hari libur yang sedemikian banyak jika dibandingkan negara lain. Sejujurnya saya sempat salut pada pemerintahan SBY yang tidak melakukan penggeseran hari libur, seperti yang terjadi pada pemerintahan sebelumnya. Namun sayang, ‘pemaksaan’ hari libur ini pun terjadi (seakan-akan kita ini kurang banyak hari libur saja <g>).

Saya pikir penambahan hari libur seperti ini kurang bermanfaat, karena:

Semoga pemerintah bisa berpikir lebih jernih sebelum memutuskan hal-hal seperti ini, dan juga melakukannya dalam waktu yang cukup (berarti harus direncanakan matang-matang). Kiranya cuti ‘paksa’ ini juga tidak dimaksudkan untuk mengakomodasi kepentingan orang/golongan tertentu.

Selamat berlibur deh bagi yang kebagian cuti ‘paksa’ bersama :-).

Popularity: 9% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


Leave a reply