« - »

Lomba Tersulit

Posted on 13 March 2006

Hari Minggu kemarin, kami mendaftarkan Brian untuk mengikuti lomba Bahasa Inggris dan Matematika di sebuah sekolah internasional. Saya pikir lomba Bahasa Inggris tersebut merupakan lomba tersulit bagi anak-anak berusia 4-5 tahun (TK A) yang pernah saya tahu. Betapa tidak?? Anak-anak harus maju satu-per-satu di hadapan sang penguji yang merupakan orang asing (bule) yang bekerja sebagai pengajar di sekolah internasional tersebut dan sang penguji tersebut tidak menguasai bahasa Indonesia. Sang penguji akan membacakan 10 dari 40 pertanyaan di bank soal; yang merupakan kata-kata dalam bahasa Inggris, misalnya cat, dog, lion, care, lunch, train, plane, chilli, etc. Anak-anak harus menjawab dengan mengeja huruf-per-huruf (misalnya c-a-t, d-o-g, l-u-n-c-h, c-h-i-l-l-y, etc); tentu saja dalam ejaan bahasa Inggris yang benar. Tidaklah mengherankan bila peserta lomba Bahasa Inggris tidaklah sebanyak lomba yang lain, dan seluruh pesertanya adalah jawara-jawara lomba yang telah sering memenangkan lomba. Beruntunglah Brian bisa menduduki Juara 3 dalam lomba Bahasa Inggris tersebut, mengingat Juara 1 adalah siswa sekolah internasional lain yang sangat fasih berbahasa Inggris (terlihat saat dia berbicara dengan ibunya) dan Juara 2 adalah seorang langganan juara lomba yang sangat terkenal itu.

Untuk lomba Matematika, untuk pertama kalinya Brian dapat mengerjakan dengan jauh lebih cepat (tepatnya hanya selisih 10 detik dengan saingan terdekatnya). Biasanya Brian lebih mengutamakan ketelitian dan mengorbankan waktu (terlihat saat bulan lalu dia menjadi Juara 3 padahal catatan waktunya selisih 2 menit lebih dari Juara Harapan 1-3). Entah kenapa, kemarin dia dapat mengerjakan lebih cepat dan hanya kehilangan 1 poin saja. Akhirnya Brian juga menjadi Juara 3 dalam lomba Matematika ini.

Phew, sungguh hari Minggu yang sangat sibuk bagi kami bertiga. Semoga Brian makin bersemangat dan prestasinya bertambah baik di lomba-lomba berikutnya.

Popularity: 4% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


Leave a reply