« - »

Diskusi “Mengelola Mail Server”

Posted on 10 May 2006

Semalam saya melakukan sharing dan diskusi bersama rekan-rekan CEC Semarang. Kali ini topik yang dibahas adalah “Mengelola Mail Server”, yang lebih saya fokuskan kepada pengetahuan dasar tentang implementasi Mail Server dan produk Windows-based RFC-compliant Mail Server yaitu MDaemon. Tentu saja ini hanya modal nekad karena pengetahuan saya yang masih dangkal di bidang Mail Server.

Pembahasan dimulai dengan cara kerja e-mail, komponen yang terlibat (MUA, MTA, MDA), protokol umum (SMTP, POP3, IMAP4), dan ragam mail server di lingkungan Windows (mulai dari yang sebenarnya Groupware Server dengan Proprietary Protocol sampai ke Internet Mail Server yang RFC-compliant); sampai ke alasan pemilihan produk tertentu (dalam hal ini MDaemon). Di sini pembahasan sedikit melebar ke contoh Propietary Protocol dan kenapa hal tersebut tidak baik (misalnya fitur “Recall Sent Mail“, “For Your Eyes Only”, dan kasus Winmail.dat :-( )

Selanjutnya kita membahas tentang dua contoh topologi mail server, yaitu Mail Server di belakang Firewall dan Mail Server yang berhadapan langsung dengan Internet cloud; apa untung ruginya dari masing-masing topologi tersebut. Juga tentang desain instalasi, dimana sebaiknya kita pisahkan lokasi penyimpanan untuk Operating System, MDaemon, Mailbox, dan Log pada harddisk yang berbeda (dan kalau budget memungkinkan, menggunakan harddisk SCSI).

Kita mulai melakukan instalasi dan konfigurasi awal, mulai dari domain dan DNS (di sini cara kerja DNS pun diulas lebih spesifik), cara pengiriman (direct delivery atau relay ke host tertentu atau gabungan keduanya, serta apa keuntungan/kerugian masing-masing cara tersebut), setting timer, jumlah session/thread (apa yang dimaksud dengan SMTP Inbound/Outbound dan POP Inbound/Outbound; berikut relevansi penentuan jumlah session dengan CPU utilization dan bandwidth), Preprocessing, Archival (dan alternatif archival serupa namun melalui Content Filter), Auto-pruning, dan Unknown Mail Delivery. Di sini kita juga membahas konsep DomainPOP dan MultiPOP di MDaemon.

Berikutnya kita berkonsentrasi di bidang keamanan, mulai dari apa itu Open Relay dan bagaimana cara menutupnya, DNS Blacklist, penggunaan SpamFilter (berikut contoh perhitungan score Spam Assasin dan pembelajaran Spam/Ham), SMTP Authentication, Tarpit, AntiVirus (Inline Virus Scanning saat SMTP-In, beda AntiVirus biasa dengan AntiVirus untuk E-mail, risiko penggunaan AntiVirus biasa untuk on-access scanner pada folder MDaemon, update definisi virus dengan frekuensi yang sering dan ukuran file yang tidak besar). Di sini saya juga membahas SPF dan DKIM; serta hal-hal yang harus diperhatikan saat implementasinya.

Karena waktu sudah mepet, saya pun mulai menerangkan dengan mengesampingkan struktur presentasi yang telah dipersiapkan sebelumnya. Akhirnya kita membahas implementasi Content Filter, misalnya untuk memblok pengiriman milis (misalnya YahooGroups) dan menghemat bandwidth downstream dengan menerima hanya 1 posting namun disebar ke internal server kita. Juga tentang pemblokiran attachment tertentu kepada kelompok orang tertentu pula (misalnya attachment Powerpoint hanya diperbolehkan kepada orang-orang tertentu saja). Selain itu, Bandwidth Throttling juga kita bahas.

Sayang sekali karena keterbatasan waktu (sudah molor 1 jam karena saking banyaknya hal yang dibahas dan asyiknya berdiskusi), akhirnya harus diakhiri pada jam 10 malam. Padahal masih banyak hal-hal yang belum dibahas, mulai dari cara pembacaan/penelusuran log, User Account, Mailing List, Gateway, WebAdmin, WorldClient, dll. Akhirnya kita sepakat untuk membahasnya lebih lanjut di milis CEC-Smg@yahoogroups.com. Harapan saya, diskusi ini membawa manfaat positif bagi rekan-rekan yang mengikutinya.

Popularity: 49% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


52 Responses to 'Diskusi “Mengelola Mail Server”'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' Diskusi “Mengelola Mail Server” '.

  1. solihin said,

    on August 30th, 2006 at 9:05 am

    Salam Perkenalan
    Bagus sekali desaind websitenya.

  2. hian said,

    on August 30th, 2006 at 11:47 am

    #1: Bung Solihin, salam kenal juga. Untuk design web, pada dasarnya saya menggunakan design dari Andreas Viklund (lihat footer di bagian bawah) yang dikustomisasi lebih lanjut.

  3. amay said,

    on September 26th, 2006 at 1:25 pm

    wah, bagus juga ada diskusi seperti ini, di tempat ku ga pernah ada. pak hian, tolong tampilkan juga data-data tentang kelebihan n kekurangan m daemon

  4. Heri said,

    on October 3rd, 2006 at 5:20 pm

    MDaemon,

    aku juga pemakai MDaemon, salah satu penghematan yg kami rasakan adalah penggunaan WorldClient/Comagent yg dapat dijadikan media komonikasi chating.

    Kalau untuk Mailing List, ada nggak toolsnya untuk view seperti milinglist (histori kelihatan) ?

    Heri

  5. hian said,

    on October 4th, 2006 at 9:43 am

    #3: Bung Amay, mengenai kelebihan dan kekurangan MDaemon sih cukup panjang; bisa dibaca lebih detil di situs pembuatnya (www.altn.com) atau cari review dari majalah IT.

    Namun demikian, kita juga harus cermat dalam membaca kelebihan dan kekurangan produk. Seringkali kita tidak membutuhkan sekian banyak fitur2 kelebihan produk, dan juga kita tidak mempermasalahkan kekurangan2 produk karena tidak essential bagi kegiatan operasional kita.

    #4: Bung Heri, untuk archive mailing list, AFAIK (tapi saya belum pernah mencoba) bisa dilakukan via Catalog. Tinggal opsi “permanent archive” diaktifkan, lalu pilih catalog mana yang akan dipakai. Selamat mencoba!

  6. kotibi said,

    on April 17th, 2007 at 8:59 am

    Salam,
    Sebelumnya perkenalkan nama saya kotibi,sya minta masukannya,Perusahaan saya mempunyai 2 Server windows 2000;
    Server 1 berisi : Primary Domain Controller,symantec
    Server 2 berisi :Secondary Domain controller,Exchange 2003,ISA 2004,SYMANTEC CONSOLE,SYMANTEC MAIL SERVER.
    Sekarang ada rencana di update ke windows 2003 server dengan hanya 1 domain Controller saja, Bagai mana yang kira-kira ideal untuk penampatan : Server 1 dan Server 2, dimana saya harus install Exhange 2003,ISA 2004,SYMANTEC CLien,symantec Console,symantech mail server. Demikian pertanyaan dari saya, mohon masukan nya dan tolong berikan penjelasan nya. terima kasih.

    wassalam

    kotibi

  7. hian said,

    on April 24th, 2007 at 6:13 pm

    #6: Pak Kotibi, menggunakan 1 Domain Controller saja tidaklah dianjurkan, apalagi bila jumlah workstation lumayan banyak.

    Lalu untuk Exchange dan ISA, saya rasa bisa ditempatkan pada server yang sama; sedangkan Symantec Console dan Symantec Server (koq Anda sebutkan Symantec Client, mana Server-nya?? Ini khan maunya di-managed khan??) bisa ditempatkan pada server yang lain.

    Symantec Mail Server itu produk apa yah??

  8. Oktav said,

    on May 9th, 2007 at 10:14 am

    wah.. saya juga mo nanya neh, saya oktav, saat ini nyoba make Mdaemon Mail server sama WebAdmin-nya ver 3.0.0. nah yang jadi persoalan, waktu buka webadmin setalah login muncul comment di browser ” Your browser does not accept cookies. You will need to enable them to login. ”
    settingan dimana ya yang harus saya perbaiki…??
    sebelumnya saya beritahukan, email ini cuma saya pergunakan untuk lokal..
    terima kasih

  9. dody said,

    on May 10th, 2007 at 11:47 am

    konsep website sederhana dan cukup informatif…

  10. hian said,

    on May 15th, 2007 at 1:35 pm

    #8: Bung Oktav, menilik dari comment tersebut, semestinya setting dilakukan di browser yang Anda gunakan. Kalau Firefox, bisa check setting dengan meng-click menu Tools – Options, lalu click tab Cookies.

    #9: Bung Dody, thanks atas comment-nya.

  11. herman said,

    on June 18th, 2007 at 12:14 am

    lam kenal semuanya…. saya mau bikin mail server u/ windows server2003 tapi saya coba ga nyambung2…. klo bisa saya minta petunjuk nihhhh… terimakasih sebelumnya… bisa kirim ke XL_AS_herm4n@yahoo.com ja saya tggu.

    oya cara sharing printer pada jarigan DHCP gimana ya… kan IP yang dikasih secara outomatis jadi gimana ya….

  12. Moes said,

    on July 20th, 2007 at 9:23 am

    Selamat pagi semuanya…., saya pengguna mdaemon 8.1.4…belakangan ini client kalo download email lewat outlook express atau oulook sering berhenti di jalan, knp ya? jadi kalo di ulang lagi sering minta password…kita masukin passwordnya juga tetep ngga bisa…kecuali kalo kita putus lewat mdaemon-nya baru mau jalan lagi…mohon pencerahannya

    Thanks B4

  13. Badrun said,

    on July 28th, 2007 at 11:42 am

    salam kenal smuanya…
    saya tertarik dengan topik mail servernya, kebetulan saya
    skrang lagi nyusun skripsi tentang mail server.
    kalo boleh naya apa saja sih yang harus di perhatikan pada saat konfigurasi mail server? tapi saya menggunakan Exchange Server 2003 sebagai mail servernya, bukan menggunakan mdeemon. apa sih perbedaan dari keduanya.
    makasih ya….

  14. amoy said,

    on August 25th, 2007 at 12:41 pm

    mas….
    tolong yach..gmna langkah awal dalam menginstal mail server lez yach mas…

  15. ardi said,

    on September 12th, 2007 at 6:19 pm

    Maaf mas,mo nanya mengenai MDaemon

    Saya sedang mencoba membuat mail server dengan MDaemon.
    Untuk sending email sejauh ini sudah bisa,
    tapi untuk receivingnya kok gak masuk2x ?

    Untuk Multipop, apa saja yg perlu disetting?
    Mohon pencerahannya mas …

    Sebelumnya makasih banget ….

  16. Basit said,

    on December 1st, 2007 at 8:26 am

    Saya baru dalam mempelajari jaringan khususnya mail server.

    Mohon bantuannya jika ada yang bisa kirim tutorial mail server khususnya mdaemon ke basit@vortexconveyor.com

    Terima kasih.

  17. armana said,

    on December 7th, 2007 at 4:16 pm

    salam pak hian..,

    berkaitan dengan MDaemon…, mo naya nie. mdaemon server saya kadang terima email dari luar dengan attachment yang berubah jadi “*.exe”. tapi anehnya oleh content filter kok ga ke delete ya…tetep ke send dan diterima recipientnya.
    biasanya file yang begitu.., ukurannya lebih dari 3,5 MB.

    setelah ta cek , ternyata biasanya file attachment itu ada di folder yang cukup dalam di HDD sender(cek internal), ga tau kalo yang kirim orang luar.

    note: saya pake mdaemon 9.6.1, security plus 3.0.4, mdspamfilter, dan external AV NOD32 dengan update selalu terbaru.permited attachment size 30,72 MB.

    Mohon penjelasan dan solusi nya dari rekan semua

  18. armana said,

    on December 7th, 2007 at 4:26 pm

    salam semuaya…
    tambahan…,huehehee..
    content filter melarang pengiriman file dengan ekstensi *.com,*.cmd,*.*.bat,*.exe

    double antivirus yang selalu on. untuk mail server ga ada pake firewall

  19. hian said,

    on December 8th, 2007 at 10:23 am

    #11: Pak Herman, maaf saya kurang jelas dengan pertanyaan Anda. Anda menggunakan software mail server apa?? Exchange, Domino, MDaemon, atau yang lain??

    Sharing printer dan DHCP mestinya tidak bermasalah, sepanjang Anda me-refer menggunakan \\NamaPC\NamaSharedPrinter

    #12: Pak Moes, pesan error apa yang didapat?? Bagaimana koneksi client dan server, apakah local atau remote?? Apakah cukup bagus koneksinya??

    Bila yang diduga adalah timed-out, maka perbesar angka timeout di MDaemon dan di mail client.

    Lalu saat mengulang, bisa jadi penyebabnya adalah mailbox locked karena koneksi diputus tanpa permisi (prosedur yang benar). Untuk ini, Anda tinggal menghapus file .lck di server MDaemon.

    #13: Pak Badrun, yang harus diperhatikan saat konfigurasi mail server?? Sungguh pertanyaan yang singkat tapi butuh penjelasan yang panjang :-( Saya sarankan Anda cari referensi lengkap di Google deh.

    Untuk perbedaan, secara sekilas Exchange menitikberatkan pada collaboration (e-mail adalah bagian dari hal ini), sedangkan MDaemon berkonsentrasi pada e-mail services (and it does it beautifully).

    #14: Mbak Amoy, sayang pertanyaan Anda terlalu luas, apalagi software mail server juga tidak disebutkan di sana.

    Sebenarnya untuk instalasi, mestinya tidak sulit. Yang sulit adalah mengkonfigurasi dengan benar dan me-manage dengan baik.

    Mestinya Google bisa bantu Anda lebih banyak dalam hal ini.

    #15: Mas Ardi, apakah Anda menggunakan real domain atau fake domain?? Bagaimana dengan SMTP-In log-nya??

    Untuk MultiPOP, Anda tinggal meng-enable MultiPOP Engine, lalu mengkonfigurasi account2 mana yang akan melakukan MultiPOP ke mail server lain.

    #16: Pak Basit, Anda bisa install MDaemon versi trial, di dalamnya sudah ada help yang lengkap untuk implementasi MDaemon.

    #17-18: Pak Armana, salam kembali.

    Coba check ulang Content Filter, apakah rules untuk strip attachment EXE telah aktif. Bila telah aktif, tolong check di Content Filter log, apakah terlihat match dan tereksekusi.

    Eh, maksudnya “folder yang cukup dalam di HDD sender(cek internal)” itu apa yah??

    Penggunaan 2 antivirus untuk mail server sebenarnya kurang baik. Anda sudah menggunakan Security Plus, mestinya sudah Ok. Bila tetap masih kepingin pakai Antivirus (NOD32), maka exclude-kan folder MDaemon.

  20. ridwan said,

    on January 4th, 2008 at 9:51 am

    Pagi Mas,

    Saya sedang buat server untuk internet dan sekalian mail, pertanyaan saya bagai mana cara memasukan IP POP3 dan SMTP sedangkan IP keduanya saya sudah ada, yg saya binggung setting nya di mana, oh iya saya menggunakana windows 2003 enterprise, dan sebagai tambahan saya sudah setting POP3 Service nya.

    Regards,

    Ridwan

  21. hian said,

    on January 5th, 2008 at 3:29 pm

    #20: Mas Ridwan, saya masih bingung dengan pertanyaan Anda. Maksud Anda “Memasukkan IP POP3 dan SMTP” ini di client yah?? Khan tinggal di aplikasi mail client, cantumkan IP Server tersebut ke sana. Semoga membantu..

  22. Bagus said,

    on January 12th, 2008 at 8:49 am

    Haloo Mas,

    Mo nanya nih, saya pake mdaemon versi 4.1. Gimana caranya biar emailnya online tidak hanya lokal saja ?

    Thank you….

  23. danil said,

    on January 18th, 2008 at 10:13 am

    mas saya masih sangat pemula dalam penguasaan mail server bisa tolong kasih tau saya aplikasi apa saja yang bisa digunakan dalam membangun mail server dan dukungan untuk OS yang digunakan?

    KALO BISA MAS DIKIRIM KE EMAIL SAYA SAJA
    danil.hasudungan@gmail.com

  24. hian said,

    on January 19th, 2008 at 11:31 am

    @Bagus: Untuk masalah Anda, apakah Anda sudah memiliki real domain?? Bila sudah, tinggal buat MX entry yang menunjuk pada IP Public Server kita. Bila belum, ya otomatis Anda harus daftar real domain.

    @Danil: Hiks, pertanyaan Anda sungguh singkat namun membutuhkan beberapa buku untuk menjawabnya. O/S yang digunakan untuk Mail Server sangatlah banyak, mulai dari Windows, Linux, dll. Sedangkan aplikasi Mail Server sendiri tentunya juga harus bersesuaian dengan O/S yang digunakan. Misalnya MDaemon (saat ini) hanya ada di Windows, demikian juga dengan MS Exchange. Sedangkan untuk Linux, ada Postfix dll.

  25. Novel said,

    on January 25th, 2008 at 11:04 am

    Pak Hian
    Saya baru mau coba pake mdaemon..
    saya punya domain cyberat.com yg mana domain ini saya hosting mailnya di provider lalu saya seting di mdaemon lalu saya buat account (user@cyberat.com dan cybe@cyberat.com)untuk masalah send lokal dan send keluar saya sudah tidak masalah. Sedangkan untuk received nya saya pakai account company@cyberat.com

    di provider saya buat account company@cyberat.com yang mana apabila ada email untuk user dan cybe saya forward ke email company.

    Dan saya juga punya alamat email cyberat@cyberat.com selain company@cyberat.com

    permasalahnya muncul pada saat user@cyberat.com kirim email ke cyberat@cyberat.com yaitu email tersebut tidak bisa terkirim padahal kalo kirim ke yahoo bisa…

    Tolong pencerahannya ya pak

    salam

  26. hian said,

    on January 30th, 2008 at 4:47 pm

    @Novel: Pak, sebentar, perlu saya cerna ulang kondisi Anda..

    Di hosting:
    - company@cyberat.com -fwd-> company@cyberat.com?
    - cyberat@cyberat.com

    Di MDaemon lokal:
    - user@cyberat.com
    - cybe@cyberat.com

    Masalah:
    - user@cyberat.com tidak bisa kirim ke cyberat@cyberat.com

    Apakah benar pemahaman di atas??

    Lalu di MDaemon setting domainnya apa yah?? Apakah cyberat.com?? Lalu setting SMTP-nya bagaimana??

  27. Takuya said,

    on August 5th, 2008 at 11:26 am

    Dear Pak Hian,SALAM KENAL,Saya pake mdaemon 6.8 dan antivirusnya 2.2.9 diserver selama beberapa bulan ini…Hingga suatu hari muncul permasalahan sbb:Ketika user kirim email,selalu muncul 1 menit kemudian(gak sampai)muncul pesan “Mdaemon permanent delivery error”.frekuensi muncul pesan tsb hampir tiap hari kalau kirim sesama lokal gak ada masalah
    dan juga email dari luar selalu terlambat datang masuknya bisa sampai 2 jam lebihSaya cek koneksi internet pada saat itu lancar2 saja,cek address email yang dituju juga benarlalu saya coba cek di mdaemon di tab mail sebelah bawah “250 Recipient OK” dengan alamat email yg betul.Saya coba kosongkan isi di syswatch juga tidak efek yg berarti…Apa yg salah,Pak Hian?Mohon bantuannya…Thx,

  28. Novel said,

    on August 10th, 2008 at 9:53 pm

    P. Hian
    saya sudah berhasil memakai mdaemon, cuma yg saya rasakan mdaemon saya kurang maksimal..
    seperti :
    bagaimana agar saya bisa memblok email milis trus bagimana agar email dengan attachment diatas 2mb bisa diterima oleh mdaemon…
    atas informasinya di ucapkan terima kasih

    salam

  29. anton said,

    on August 13th, 2008 at 3:46 pm

    salam kenal
    saya bleh bertanya saya telah membuat mail server menggunakan postfix semua berjalan seperti layaknya
    namun entah mengapa email yang saya kirim tidak bisa dan tidak ada di inbox
    ada yang bisa bantu
    tolong kirimkan ke email saya
    terima kasih

  30. anton said,

    on August 13th, 2008 at 3:53 pm

    jangn lupa yach kirim ke email saya
    di
    yakindo_2008@yahoo.com
    oke
    thanks

  31. Hian said,

    on August 14th, 2008 at 5:20 pm

    @Takuya: Salam kenal kembali.

    Untuk pesan “MDaemon Permanent Delivery Error”, mestinya bisa dianalisa dari potongan log yang disertakan dalam e-mail tersebut, misalnya: “Winsock Error 10060 The connection timed out”

    Untuk e-mail dari luar yang selalu terlambat, bisa dianalisa di mail header saat e-mail telah diterima, traffic mana-ke-mana yang menyebabkan keterlambatan.

    Silakan kirimkan log dan mail header ke saya, nanti coba saya lihat.

    @Novel: Untuk memblok milis, bisa dilakukan dengan Content Filter. Untuk field referensi, harus analisa dari mail header.

    Berarti MDaemon Anda tidak bisa menerima e-mail dengan attachment di atas 2MB? Bisa lihat di Setup – Misc Options – Maximum Acceptable SMTP Message Size

    @Anton: Maaf saya belum tahu banyak tentang Postfix, jadi belum bisa membantu saat ini.

  32. tanto said,

    on October 22nd, 2008 at 11:38 am

    Salam kenal pak hian,

    mau minta tolong nih. saya karyawan di sebuah perusahaan yang menggunakan mail server mdaemon. pada awal2 dulu tidak ada masalah dengan mailservernya. namun sekarang permasalahannya jadi semakin banyak:

    1. User yang sudah tidak aktif accountnya masih sering terlihat mengirim surat
    2. Saya selalu menerima reply email yang sama dari sender yang sama pula sebanyak 4 kali bahkan lebih.

    dari permasalahan tersebut saya mohon penjelasannya pak. apakah settingan mailserver saya telah berubah ataukah ada kemungkinan telah di susupi spam?

    Terima Kasih.
    ggfg

  33. Novel said,

    on October 30th, 2008 at 10:01 pm

    Malam P. Hian
    ketemu lagi dengan saya, semoga P. Hian ga bosen buat bagi ilmunya ke saya…
    Pertama: saya sampai sekarang masih kesulitan untuk memblok mail milis, saya juga dah coba analisa dari mail header tapi kok tetep aja ga paham… please advicenya…
    Kedua untuk attachmentnya diatas 2Mb? saya sudah ikutin petunjuk bapak, setelah saya cek saya tidak melakukan pembatasan size tetapi kok masih ga bisa terima ya…
    Ketiga: hari ini client terima email sampai berkali2 dengan subject yg sama, setelah saya selidikin si pengirimnya via smtp.indo.net.id sedangkan kalo smtp dari mailserver non isp local terimanya normal…

    tolong ya pak untuk pencerahaanya…

    atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

    salam

  34. gatot said,

    on November 24th, 2008 at 1:23 pm

    Keren bos tutornya ditunggu posting selanjutnya.

    Thk
    Gatot

  35. Vadhil said,

    on December 14th, 2008 at 3:22 pm

    Salam Kenal Pak Hian,

    Saya mo nanya, saya ada rencana mau bangun email server. sementara ini kami sudah punya server dengan os Windows Server 2003. yang mau saya tanyakn:
    1. Koneksi spt apa yang harus di sediakan agar bisa kirim dan terima email, leased line atau cukup dengan Telkom Speedy aja? ( Apa harus ada IP publicnya)
    2. Bagaimana mendapatkan nama domain ( Misal: namaperusahaan.co.id ) dan bagaimana cara mengkofigurasinya agar nama domain sesuai dengan IP yang kami miliki?
    kalo bapak ada artikel mengenai ini mohon di berikan linknya atau di kerim ke email

    Terimakasih

  36. armana said,

    on December 16th, 2008 at 9:54 am

    for Pak Vadhil :
    1. Cara termudah: Karena pak vadhil ingin membangun email server sendiri, mendingan pake koneksi internet leased line, broadband ato wireless dengan ratio 1:1. Kalo langganan koneksi tipe ini biasa udah dapet MINIMAL 1 ip public. Ini wajib untuk cara termudah. kalo mo cara yang lebih ruwet bisa, pake vpn ato hosting aja.

    2. Domain bisa di dapat kan secara gratis jika berlangganan internet tipe diatas. Tinggal ngomong aja ama orang ISP nya dan sekalian minta tolong untung nge -route ke ip public yg didapat.
    Ato mo daftar sendiri di domain register yg sudah ada baik yg lokal maupun luar (minta bantuan ma google, key:domain register). Biasanaya ada control panel buat manage domain via web. naahh… ntar tinggal ngeroute ke ip public yg didapet dari isp.

    Sbg contoh: saya langganan wireless internet 512kbps ratio 1:1 , including 7 IP public dan domain company.co.id. karena bos minta yg company.com , yaa… daftar lagi deh diluar.

    Mohon maaf kalo bahasanya bahasa kalem.. :)

  37. armana said,

    on December 16th, 2008 at 10:26 am

    for Pak Novel :

    1. Dulu pas masih pake MDaemon saya pernah alami ini. Saya coba dengan make filter daemon untuk ngeblok( delete ato reject) berdasarkan subjeb ato alamat sender langsung (pilih salah satu ato dua2nya).and Successsss.

    2. Mohon dicek lagi maximal upload emailnya, cek juga attachment email yang dikirim, cek juga metode pengiriman emailnya(direct or relay). kalo permited email size ok, attachment file ok and direct…. I think everything is ok.

    3.Pengirimana secara berulang bisa diakibatkan oleh kegagalan ( ato dianggap gagal)MTA dalam mengirim email karena koneksi internet yang tidak bagus(sender ato recipient). so dikirim lagi oleh MTA(MDaemon)-default setting. ato bisa jadi sender ngga pede waktu ngirim email nya, jadi diklik send/receive berkali2 pd OE nya.

    Mohon maaf bila bahasa yg dipake kalem2 aja … :D

    Best regards

  38. Nove said,

    on December 16th, 2008 at 10:44 am

    Dear P. Armana
    terima kasih untuk pencerahanya

    untuk no 1 dan 2 akan di coba
    untuk no 3 saya saat ini memakai koneksi wireless dari indonet (perbandingan 1:2) untuk recieved dan sender so far so good.. cuma seperti saya bilang diatas kalo sipengirim pake smtp.indo.net.id, client dipastikan menerima email berulang2 sedangkan kalo sipengirim memakain smtp mail.namacompany.com, client trima 1 kali…

    mohon maaf kalo bahasanya to the point…

    salam

  39. armana said,

    on December 23rd, 2008 at 9:38 am

    for Pak Novel … ,

    For make sure aja, pak novel pake Mail Server sendiri kan ?

    Jadi dalam kasus kali ini, masalah terjadi kalo sender me Relay emailnya ke server smtp.indo.net.id , hasilnya recipient bakal nerima email double2.

    Kalo sender pake metode Direct sending dari mailserver sendiri, ga ada masalah, Betul ?? :D

    Perlu diketahui, “Metode Relay” emang sangat ampuh untuk mengurangi traffic diserver kita. Karena email akan langsung di transfer ke “server Relay”, Betul? . Saran saya adalah kalo anda yakin dengan servis dari ISP anda dan yakin(+mantep) dengan emailserver yang anda bangun,Mending pake metode “Direct Sending” aja. selama 2 tahun(1th Mdaemon and 1th Zimbra) ini saya pake metode direct sending untuk semua traffic email saya,baik ke lokal maupun luar. Alhamdulillah, ga ada masalah yg begitu berarti dalam pengiriman email.

    saya kira ga ada masalah dengan settingan mail server anda. Yang mungkin terjadi adalah yang saya jelaskan sebelumnya, > terjadi kegagalan transfer email dari emailserver yg satu ke mailserver yg laen.

    Demikian, semoga bisa membantu.

    Best regards.

  40. Karyanto said,

    on January 7th, 2009 at 10:16 am

    Pak mo nanya, Saya menggunakan exchange server 2000 dan email client outlook 2002 (winxp).

    Hosting email ada di CBN : company.co.id
    Langganan CBN pake Dial UP. Jadi saya mendapatkan beberapa account email : sales@company.co.id, marketing@company.co.id dll
    email account hrs saya daftarkan ke CBN.

    Untuk internal saya create email account di exchang server 2000.

    Untuk koneksi internet saya pake Speedy, dan tentu saja saya tidak bisa gunakan smtp.cbn.net.id melainkan smtp.telkom.net

    Di email client saya seting dua account mail yaitu exchange server dan internet mail (untuk email masuk dan keluar)

    Problem yg saya hadapi adalah bila saya mendapat email internal (exchange server) kemudian saya forward keluar melalui internet mail selalu tidak terkirim. Sepertinya email saya masuk ke exchange server dan dia tidak bisa relay ke smtp.telkom.net. Apakah memang smtp telkom tidak bisa untuk relay. Ataukah seting exchange server saya yang salah atau memang ecxhange server tidak bisa kirim email dengan kondisi diatas.
    Saya sudah coba buat SMTP Connector dan seting di SMTP virtual server.

    Mohon pencerahannya.
    Terimakasih

  41. Anaswir said,

    on January 12th, 2009 at 1:31 pm

    Selamat Siang Pak Hian, Apakabar Pak ?
    Numpang informasi saja Pak Hian, kalau ada rekan-rekan pengguna MDaemon yang ingin training mdaemon, kami bisa melakukan training mdaemon onsite selama 10 jam (2 hari), adapun materi yang diberikan :
    - Manfaat Email
    - Cara Kerja Email
    - Instalasi Mdaemon
    - Securing Mdaemon
    - Meningkatkan Reliabilitas
    - Distributed Mail Server
    - Diskusi Masalah (tanya jawab)

    Terima kasih atas perhatiannya, kalau butuh informasi lebih lanjut bisa menghubungi saya,
    PT. Duta Integrasi Pratama
    Telp. 021-5605757
    email : sales@dutaint.co.id
    HP : 02168435556


    Best Regard
    Anaswir

  42. bang sate said,

    on February 26th, 2009 at 3:21 pm

    maaf pak saya mau tanya. 2 hari lalu tiba2 sebagian user (tidak semua) tidak bisa menerima email, hanya bisa ngirim aja, padahal sebelumnya baik2 aja.
    apakah karena virus?

    kira2 solusinya bagaimana ya pak?

    terima kasih.

  43. suherman said,

    on March 4th, 2009 at 11:41 pm

    terima kasih atas tutorialnya

  44. Henky said,

    on May 31st, 2009 at 6:07 pm

    Hallo Hian……. ane salut……
    Send a massage to my mail acc, n write ur phone number.
    thanks

  45. Hianoto said,

    on June 20th, 2009 at 8:21 am

    @Henky: Later I’ll drop you a message, thanks

  46. Sutisna said,

    on August 10th, 2009 at 7:24 am

    Salam kenal semuanya..

    perkenalkan nama saya Sutisna, kami selama ini menggunakan AntiVirus E-trust original, tetapi karena versinya sudah berganti dan harus memngganti versi yang lebih baru, otomatis kami diharuskan membeli kembali software tersebut oleh pihak ditributor. sedangakan budget tidak memadai.., adakah saran yang bisa atau salusi yang rekan2 bisa saran kan pada pihak kami…

    terima Kasih sebelumnya.

  47. armana said,

    on September 7th, 2009 at 9:24 am

    @Sutisna= Bukankah kalo beli original, akan mendapatkan update online signature database dan update to new version. paling2 kan tinggal confirm lagi ke distributor, dan ntar di kasih key/new activation lagi. tapi kalo servicenya udah abis … ya, gigit jari aja … :D . kalo pingin much better, mendingan migrasi aja ke yang gratisan seperti Zimbra ato SME server. walo gratis, tapi much powerfull. anti spam, antivirus,pop3,imap, filter ..dll, komplit lah.

  48. kotibi said,

    on September 9th, 2009 at 10:04 am

    Salam Pak,

    Pak saya mau tanya ? saya kalau kirim e-mail dengan pilihan “new’ bisa terkirim tapi kalau e-mail yang di terima dari luar terus kita replay/forward ke e-mail internal mail yang tidak mempunyai alamat e-mail di hosting itu tidak bisa ke kirim ” apa yang harus saya lakukan di microsoft exchange nya. terima kasih

  49. Shuhada said,

    on December 20th, 2009 at 12:06 pm

    Thank’s…

    Infox,,,

  50. indra said,

    on December 21st, 2009 at 5:27 pm

    Selamat sore om,

    mohon maaf ganggu, saya newbie banget nih dibidang email server. saya ada pertanyaan nih om. mudah2an sempet dijawab yah om ;) )

    oh iya sebelumnya saya jelaskan dulu kondisi. disini ada 4 account email dan no server. os = win xp sp2.

    untuk setingan emailnya menggunakan
    pop.domain.com
    smtp.telkom.com

    saya menggunakan konesi speedy.

    pertanyaannya.
    1. apa yang harus saya lakukan untuk mengelola 4 email tersebut?
    2. email yang diterima suka berulang2 hingga puluhan kali?
    3. email yang masuk pada salah satu account jika di hapus di Blackberry tetapi masih ada di cpu ketika di send/receive kembali, apakah memang seperti itu kita hanya bisa menghapus email masuk di cpu?

    segitu aja kali om pertanyaanya. thanks yah om kalo dijawab.. hehehehe

  51. Andi Prasetyo said,

    on August 21st, 2010 at 12:17 pm

    Pa, Mw tanya kalau di MDaemond Pas tarik email ada salah satu email yang From dan tonya N/A hanya terlihat IPnya saja, dan email itu terus berjalan walau Domain Popnya sudah di disconect.
    gmn cara mengatasi hal tersebut?

  52. Arga said,

    on January 4th, 2011 at 4:13 pm

    Salam perkenalan,

    Langsung aja,
    Saya bkerja diperusahaan group/ anak perusahaan besar,
    contoh nama perusahaan besarnya Raksasa, dan perusahaan saya Liliput,
    Kita sudah punya email arga@liliput.co.id tapi saat ini mail server nya msh numpang di Raksasa (pop3.raksasa.co.id dan smtp.raksasa.co.id), yang saya ingin tanyakan apakah saya bisa punya mail server sendiri (pop3.liliput.co.id dan smtp.liliput.co.id), bagaimana caranya ya Pak?
    Mohon bantunnya, terimakasih

Leave a reply