« - »

Diskusi “Mengelola Mail Server”

Posted on 10 May 2006

Semalam saya melakukan sharing dan diskusi bersama rekan-rekan CEC Semarang. Kali ini topik yang dibahas adalah “Mengelola Mail Server”, yang lebih saya fokuskan kepada pengetahuan dasar tentang implementasi Mail Server dan produk Windows-based RFC-compliant Mail Server yaitu MDaemon. Tentu saja ini hanya modal nekad karena pengetahuan saya yang masih dangkal di bidang Mail Server.

Pembahasan dimulai dengan cara kerja e-mail, komponen yang terlibat (MUA, MTA, MDA), protokol umum (SMTP, POP3, IMAP4), dan ragam mail server di lingkungan Windows (mulai dari yang sebenarnya Groupware Server dengan Proprietary Protocol sampai ke Internet Mail Server yang RFC-compliant); sampai ke alasan pemilihan produk tertentu (dalam hal ini MDaemon). Di sini pembahasan sedikit melebar ke contoh Propietary Protocol dan kenapa hal tersebut tidak baik (misalnya fitur “Recall Sent Mail“, “For Your Eyes Only”, dan kasus Winmail.dat :-()

Selanjutnya kita membahas tentang dua contoh topologi mail server, yaitu Mail Server di belakang Firewall dan Mail Server yang berhadapan langsung dengan Internet cloud; apa untung ruginya dari masing-masing topologi tersebut. Juga tentang desain instalasi, dimana sebaiknya kita pisahkan lokasi penyimpanan untuk Operating System, MDaemon, Mailbox, dan Log pada harddisk yang berbeda (dan kalau budget memungkinkan, menggunakan harddisk SCSI).

Kita mulai melakukan instalasi dan konfigurasi awal, mulai dari domain dan DNS (di sini cara kerja DNS pun diulas lebih spesifik), cara pengiriman (direct delivery atau relay ke host tertentu atau gabungan keduanya, serta apa keuntungan/kerugian masing-masing cara tersebut), setting timer, jumlah session/thread (apa yang dimaksud dengan SMTP Inbound/Outbound dan POP Inbound/Outbound; berikut relevansi penentuan jumlah session dengan CPU utilization dan bandwidth), Preprocessing, Archival (dan alternatif archival serupa namun melalui Content Filter), Auto-pruning, dan Unknown Mail Delivery. Di sini kita juga membahas konsep DomainPOP dan MultiPOP di MDaemon.

Berikutnya kita berkonsentrasi di bidang keamanan, mulai dari apa itu Open Relay dan bagaimana cara menutupnya, DNS Blacklist, penggunaan SpamFilter (berikut contoh perhitungan score Spam Assasin dan pembelajaran Spam/Ham), SMTP Authentication, Tarpit, AntiVirus (Inline Virus Scanning saat SMTP-In, beda AntiVirus biasa dengan AntiVirus untuk E-mail, risiko penggunaan AntiVirus biasa untuk on-access scanner pada folder MDaemon, update definisi virus dengan frekuensi yang sering dan ukuran file yang tidak besar). Di sini saya juga membahas SPF dan DKIM; serta hal-hal yang harus diperhatikan saat implementasinya.

Karena waktu sudah mepet, saya pun mulai menerangkan dengan mengesampingkan struktur presentasi yang telah dipersiapkan sebelumnya. Akhirnya kita membahas implementasi Content Filter, misalnya untuk memblok pengiriman milis (misalnya YahooGroups) dan menghemat bandwidth downstream dengan menerima hanya 1 posting namun disebar ke internal server kita. Juga tentang pemblokiran attachment tertentu kepada kelompok orang tertentu pula (misalnya attachment Powerpoint hanya diperbolehkan kepada orang-orang tertentu saja). Selain itu, Bandwidth Throttling juga kita bahas.

Sayang sekali karena keterbatasan waktu (sudah molor 1 jam karena saking banyaknya hal yang dibahas dan asyiknya berdiskusi), akhirnya harus diakhiri pada jam 10 malam. Padahal masih banyak hal-hal yang belum dibahas, mulai dari cara pembacaan/penelusuran log, User Account, Mailing List, Gateway, WebAdmin, WorldClient, dll. Akhirnya kita sepakat untuk membahasnya lebih lanjut di milis CEC-Smg@yahoogroups.com. Harapan saya, diskusi ini membawa manfaat positif bagi rekan-rekan yang mengikutinya.

Popularity: 52% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


54 Responses to 'Diskusi “Mengelola Mail Server”'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' Diskusi “Mengelola Mail Server” '.

  1. Andi Prasetyo said,

    on August 21st, 2010 at 12:17 pm

    Pa, Mw tanya kalau di MDaemond Pas tarik email ada salah satu email yang From dan tonya N/A hanya terlihat IPnya saja, dan email itu terus berjalan walau Domain Popnya sudah di disconect.
    gmn cara mengatasi hal tersebut?

  2. Arga said,

    on January 4th, 2011 at 4:13 pm

    Salam perkenalan,

    Langsung aja,
    Saya bkerja diperusahaan group/ anak perusahaan besar,
    contoh nama perusahaan besarnya Raksasa, dan perusahaan saya Liliput,
    Kita sudah punya email arga@liliput.co.id tapi saat ini mail server nya msh numpang di Raksasa (pop3.raksasa.co.id dan smtp.raksasa.co.id), yang saya ingin tanyakan apakah saya bisa punya mail server sendiri (pop3.liliput.co.id dan smtp.liliput.co.id), bagaimana caranya ya Pak?
    Mohon bantunnya, terimakasih

  3. Rony kurniawan said,

    on November 27th, 2014 at 12:03 pm

    gan mau nanya saya kan pake oulook 2007 pas narik email knpa ya email yang datang itu doble semua dengan pesan yang sama
    minta pencerahannya ya agan agan ??


  4. on February 13th, 2015 at 1:27 am

    gan gmana untuk mail sender linux gan

Leave a reply