« - »

Hemat vs Pelit

Posted on 2 June 2006

Banyak orang salah mengartikan bahwa pengelolaan keuangan identik dengan pelit. Tentu saja hal ini salah; yang benar adalah bila kita melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, maka kita menjadi orang yang hemat. Lah, apa sih bedanya hemat dan pelit itu??

Orang yang hemat adalah orang yang menggunakan uangnya secara bijaksana; sebagian besar terutama untuk hal-hal yang memang benar-benar dibutuhkan dan penting. Namun demikian, dia juga tetap tidak mengesampingkan kewajibannya sebagai umat beragama; misalnya persepuluhan, zakat, infak, dll. Selain itu, dia juga tetap memperhatikan kasih kepada sesama manusia; sehingga tetap rela memberikan sebagian miliknya untuk membantu orang lain yang dalam kesulitan misalnya korban gempa Jogjakarta yang baru lalu, korban Tsunami Aceh, dll.

Sedangkan orang yang pelit adalah orang yang berusaha sekuat tenaga untuk meminimalkan penggunaan uangnya; bahkan termasuk untuk kebutuhan yang penting sekalipun.

Sudah jelas khan bedanya?? Pilih jadi orang hemat apa orang pelit?? 🙂

Popularity: 10% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


3 Responses to 'Hemat vs Pelit'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' Hemat vs Pelit '.

  1. hen said,

    on December 30th, 2007 at 12:47 am

    hem… bedanya tipis banget kalau udah ngalemin berhubungan dekat dengan orang yang katanya “hemat” tapi dalam espek kehidupan nyata berubah jadi pelit.

    Tapi aku setuju koq dengan pendapat anda tentang definisi masing2. Walau gak dapat dipungkiri, hemat dan pelit layaknya seperti porn and art.

    Thanks ya for sharing..

  2. hian said,

    on January 5th, 2008 at 3:18 pm

    #1: Hahaha, benar kata Anda Pak Hen.. Memang perbedaan hemat vs peliat sangatlah tipis, tapi saya pikir esensi tujuan yang ingin kita capai sehubungan dengan keuangan kita. Terimakasih atas sharingnya..

  3. red said,

    on June 25th, 2011 at 10:11 am

    masih sulit sekali membedakannya kadang itu bergantung niat saja

Leave a reply