« - »

Kehilangan Desktop

Posted on 5 June 2006

Tepat tiga minggu saya mengalami ‘kehilangan’ desktop. Bukan, bukan notebook IBM R52 saya yang hilang secara fisik; namun notebook tersebut tidak bisa digunakan karena adaptor dan baterainya digunakan untuk mem-backup notebook lain yang mengalami kerusakan. Sayangnya, saat baterai baru dan adaptor pengganti telah didapat; giliran notebook saya ngambek dan tidak mau di-charge :-(. Rencananya sih akan dikirim ke IBM Jakarta untuk diperbaiki dan sayangnya belum ada perkiraan waktu kapan selesai diperbaikinya.

‘Kehilangan’ desktop benar-benar membuat saya pusing tujuh keliling karena kehilangan hampir semua productivity tool yang biasa saya gunakan. Boleh dibilang operasional yang lancar hanyalah e-mail kantor karena saya menggunakan IMAP sejak akhir tahun 2003 (walau sebenarnya tidak sepenuhnya lancar karena saya kehilangan fitur untuk meng-attach e-mail lain saat menggunakan WebMail). Operasional yang lain sangatlah anjlok, saya tidak bisa membuat dan membuka dokumen MS Office, tidak bisa membuat dan membuka projek aplikasi, dll. Payahnya saya juga tidak bisa lagi melakukan pencatatan transaksi keuangan pribadi, membaca blog yang saya pantau secara regular, memperbaharui situs pribadi, memperbaharui PIM untuk disinkronisasi ke beberapa gadget saya, dll.

Saya pun jadi penasaran, apakah ada cara lain untuk mensiasati hal ini agar kehilangan produktivitas tidak lagi terjadi saat komputer kita bermasalah?? Duplikasi HDD tidaklah menjadi solusi, karena menggunakan notebook. Mempersiapkan komputer pengganti juga bakal memakan waktu yang banyak, mulai dari meng-install dan mengkonfigurasi aplikasi hingga IDE dengan segudang library dan tools-nya.

Note:
Pada kesempatan ini saya juga meminta maaf bila belum menjawab e-mail japri rekan-rekan, karena sangatlah sulit memilah-milah e-mail pribadi tanpa adanya mail client dan filtering rules akibat banyaknya milis yang diikuti.

Popularity: 6% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


Leave a reply