« - »

Gunakan Domain Berbayar

Posted on 12 July 2006

Barusan ada posting menarik tentang mendapatkan domain .id secara gratis. Setelah membaca artikel tadi, saya merasa sangat senang dan berniat untuk mendaftarkan domain .id juga, mumpung gratis. Namun setelah saya baca FAQ di register.net.id, khususnya tentang biaya perpanjangan domain, tertera bahwa:

Untuk masalah perpanjangan domain .id sampai saat ini kami belum bisa menentukan karena menunggu terbentuknya “Lembaga Independen” yang akan segera dibentuk. Dan Lembaga Independen tersebutlah yang nantinya akan mengeluarkan segala peraturannya. Terima kasih

Bagi saya, perihal “belum bisa menentukan” bukanlah berarti “gratis”.

Lagipula secara pribadi, saya kurang sreg dengan perolehan domain gratisan tanpa embel-embel apapun juga; lain halnya bila domain itu diperoleh secara cuma-cuma karena pembayaran webhosting selama periode tertentu misalnya.

Saya jadi teringat pada sekitar tahun 1998-99 (IIRC) saat mendaftarkan domain hianoto.com secara gratis di namezero.com. Saat promo domain gratis tersebut berakhir, maka kita harus meneruskan registrasi domain ke mereka dengan harga di atas registrar lain. Bila ingin transfer domain, maka kita harus membayar suatu nominal yang cukup tinggi kepada mereka. Karena beban biaya cukup tinggi padahal itu hanyalah sebuah situs pribadi yang tidak mendatangkan pemasukan apapun, akhirnya saya memilih untuk menghanguskan domain hianoto.com dan mendaftarkan domain hianoto.net lewat GKG.net. Namun hal itu berarti semua jerih payah membangun situs dan traffic menjadi sia-sia dan harus diulangi lagi dari awal.

Sekarang, mengingat harga registrasi domain sudah semakin murah dan besarnya upaya membangun traffic ke situs kita, saya pikir ada baiknya menggunakan layanan registrasi domain yang berbayar saja. Uang sebesar Rp 90.000/tahun adalah setara dengan Rp 7.500/bulan atau Rp 250/hari (whalah, koq jadi kayak tenaga pemasar kredit sih) dan sangat tidak sebanding dengan kerepotan kita membangun traffic situs. Oleh karenanya, mari kita menggunakan domain berbayar dengan registrar yang terpercaya.

Disclaimer: Sampai posting ini dibuat, saya tidak memiliki usaha apapun yang berkaitan dengan registrasi domain ataupun webhosting; jadi tidak ada kepentingan apapun di sini πŸ™‚

Popularity: 7% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


One Response to 'Gunakan Domain Berbayar'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' Gunakan Domain Berbayar '.

  1. Shinta said,

    on December 2nd, 2008 at 11:19 am

    Alo…
    Masuk kesini karena googling cari2 referensi tentang GKG. πŸ™‚

    Btw, nama domain hianoto.com nya sudah release/available tuh. Kalo2 mau didaftarin… πŸ™‚

Leave a reply