« - »

Intel PRO 2200BG untuk IBM ThinkPad R52

Posted on 28 July 2006

Kebetulan beberapa minggu ini Wireless LAN di notebook ThinkPad R52 saya tidak berfungsi sebagaimana mestinya (tidak bisa di-ON-kan). Karena sedang ada kesibukan dan memang jarang menggunakan Wi-Fi, akhirnya saya biarkan saja. Namun karena dirasa kurang sreg, akhirnya dua hari terakhir ini saya otak-atik kembali (walau hanya sebentar-sebentar saja).

Inti permasalahannya adalah Wi-Fi tidak jalan. Bila kita tekan Fn+F5 dan meng-ON-kan 802.11 Wireless Radio, tetap tidak bisa.

Fn+F5 Problem

Saya cek ke BIOS, sudah diaktifkan. Saya cek ke Device Manager, katanya device tersebut berjalan dengan baik (This device is working properly). Saya cek ke Software Installer, tidak ada software/driver baru yang perlu di-download. Karena tempo hari notebook ini pernah rusak dan diganti motherboard-nya, maka saya pun mencurigai penyebabnya adalah motherboard pengganti tersebut. Saya pun menghubungi vendor untuk menceritakan hal ini. Setelah berkonsultasi dengan Technical Support IBM Indonesia, saya pun disarankan untuk upgrade driver Intel Pro 220BG ke versi 10.1.1.3 API yang bisa di-download di sini.

Setelah saya download dan install, ternyata permasalahan tersebut masih muncul. Saya cek ulang versi driver tersebut melalui Device Manager, klik kanan pada device tersebut, klik tab Driver, ternyata versi-nya masih 9.0.4.13.

Device Manager

Lah, gimana sih?? Saya pun melakukan instalasi ulang dan memilih Repair. Setelah proses perbaikan selesai, saya pun me-restart komputer dan kali ini Wi-Fi tersebut bisa di-ON-kan (namun belum bisa saya coba karena belum ada lawannya). Penasaran, saya pun memeriksa versi driver menggunakan langkah yang sama seperti di atas. Lho koq versi-nya juga masih 9.0.4.13 ya?? Usut punya usut, langkah yang benar untuk memeriksa versi driver ini adalah melalui Control PanelAdd/Remove ProgramsClick here for support information dan muncullah informasi versi driver, dimana tertera sudah versi 10.1.1.3 API. Tentu saja hal ini diluar dugaan saya.

Versi Driver Intel PRO 2200BG

Masalahpun telah terselesaikan. Di sini kembali saya diingatkan satu hal, yaitu untuk senantiasa membaca petunjuk dengan seksama dan jangan mengandalkan langkah-langkah umum yang telah kita ketahui sebelumnya.

Popularity: 9% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


2 Responses to 'Intel PRO 2200BG untuk IBM ThinkPad R52'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' Intel PRO 2200BG untuk IBM ThinkPad R52 '.

  1. za said,

    on April 22nd, 2008 at 6:58 pm

    Wah, sama-sama pengguna IBM nih. Saya pakai R51e. Sekarang kepengen seri X atau seri T 🙂

    Salam kenal!

  2. hian said,

    on April 26th, 2008 at 2:33 pm

    @ZA: Wah saya pakai R52.. Klo seri X sih ndak begitu demen, tapi klo seri T, ayuk aja 😀

    Salam kenal ya!

Leave a reply