« - »

Progress Bar

Posted on 8 July 2006

Semua pengguna komputer tentu tahu apa itu Progress Bar. Bagi yang merasa asing dengan istilah ini, tentu akan langsung mengenalinya setelah melihat gambar berikut:

Contoh Progress Bar

Progress Bar dimaksudkan untuk menginformasikan user bahwa ada suatu proses yang masih sedang berlangsung. Sekarang ini, ada dua macam progress bar, yaitu determinate progress bar yang menampilkan perkembangan proses (biasanya proporsional dan dinyatakan dalam persentase), dan indeterminate progress bar yang biasa digunakan untuk suatu proses yang tidak bisa (atau tidak efisien) dihitung persentasi perkembangannya. Yang jelas, kedua macam progress bar ini bertugas untuk menampilkan indikator perkembangan proses agar user tidak menganggap aplikasi komputer tersebut berhenti di tengah jalan.

Saat mengerjakan suatu tugas, terutama yang hasilnya ditunggu oleh orang lain, ada baiknya kita juga menggunakan progress bar alias menginformasikan perkembangan penanganan sehingga orang tersebut tidak beranggapan bahwa pekerjaan tersebut tidak ditangani dengan sebagaimana mestinya. Sering saya lihat dan dengar banyak orang yang mengeluhkan kenapa suatu permasalahan/tugas tidak ditangani, namun setelah diusut lebih lanjut, ternyata permasalahan tersebut sedang ditangani seseorang hanya sayangnya yang bersangkutan tidak menginformasikan perkembangan penanganan kepada orang tersebut; akibatnya orang tersebut merasa ‘dicuekin‘ saja.

Alangkah baiknya bila kita membiasakan diri untuk memberitahu perkembangan penanganan suatu permasalahan kepada orang-orang yang terkait, sehingga secara psikologis mereka merasa permasalahan tersebut sedang ditangani dengan baik; apalagi di era informasi seperti saat ini, dimana dengan mudah kita bisa berkomunikasi melalui e-mail, instant messaging, dll. Tentu saja hal ini diharapkan akan bisa mengurangi frekuensi keluhan orang-orang atas tidak ditanganinya suatu permasalahan dengan semestinya.

Popularity: 9% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


One Response to 'Progress Bar'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' Progress Bar '.

  1. Andi said,

    on February 4th, 2009 at 11:38 am

    bisa ga pak dijelasin cara buat progress bar di Delphi?

    terima kasih

Leave a reply