« - »

Mogok Makan

Posted on 19 January 2007

Apa sih yang akan terjadi saat seseorang melakukan aksi mogok makan?? Lemas, gemetar, pingsan?? Wah, itu khan kalau mogok makan untuk kurun waktu beberapa jam atau beberapa hari. Lha bagaimana kalau mogok makan hingga sekian bulan, atau bahkan sekian tahun?? Ya tentu saja MATI dong!

Prinsip ini begitu sederhana dan kebanyakan orang telah mengetahuinya.

Namun tahukah Anda bahwa ada sekian banyak orang yang telah melakukan “mogok makan” dalam kurun waktu yang begitu lama dan tetap hidup?? Walaupun hidup, namun mereka tidaklah “hidup”. “Mogok makan” yang saya maksud adalah perihal tidak lagi memberikan makanan bagi otak/pikiran – alias belajar.

Banyak orang – begitu lulus sekolah/kuliah – tidak lagi belajar. Mereka sibuk bekerja keras membanting tulang untuk mencari uang. Di waktu senggangnya, mereka memilih untuk menikmati hidup dengan menonton acara televisi yang begitu menarik, berjalan-jalan ke mall, bersantai bersama teman-teman di berbagai tempat hiburan, bermain game, dan berbagai aktivitas yang mereka sukai. Dan kalau pun toh membaca, mereka memilih untuk membaca koran dan majalah populer. “Pokoknya yang menghibur dan ringan-ringan saja deh, khan sudah capek bekerja terus sepanjang waktu“, demikian ujar mereka.

Padahal secara sederhana, berhenti belajar dapatlah dianalogikan seperti mogok makan; dan kita tahu akibat dari mogok makan selama sekian lama adalah kematian.

Banyak orang membelanjakan begitu banyak uang untuk hal-hal yang bersifat jasmani. Dengan entengnya mereka membayar jutaan rupiah untuk barang elektronik dan telekomunikasi, kendaraan bermotor, fashion (tas, jam tangan, kacamata, ikat pinggang), dll; namun mereka berkeberatan menginvestasikan uang ratusan ribu demi mengikuti seminar untuk kemajuan mereka sendiri. Mereka keberatan membeli buku pengembangan diri. “Ah malas baca begituan. Mendingan uangnya buat nonton di bioskop saja. Lagian mana ada waktu baca buku-buku kayak gitu“, kata mereka.

Renungkanlah sekarang. Kapan Anda terakhir kali memberi makan otak dan pikiran Anda?? Akankah Anda hanya memperhatikan kebutuhan jasmaniah belaka dan membiarkan otak Anda “kelaparan”??

Sama sekali belum terlambat.

Bangkitkan keinginan yang sangat kuat untuk belajar.
Ambil komitmen pribadi untuk selalu mengembangkan diri.
Gunakan waktu 30 menit setiap hari untuk belajar topik-topik yang Anda sukai.

Lakukan hal ini mulai sekarang hingga selamanya. Niscaya Anda akan mengalami perubahan besar, menjadi seseorang yang baru – seseorang yang ahli dalam topik tersebut, seseorang yang mampu mencapai hal-hal besar dalam hidupnya.

Sudahkah Anda BELAJAR hari ini??

Popularity: 7% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


Leave a reply