« - »

Liburan Lebaran

Posted on 19 October 2007

Saat liburan Lebaran kali ini, kami memutuskan untuk pergi ke Jakarta. Ya, kapan lagi main ke Jakarta yang agak ‘lengang’ dari kemacetan dan kebisingan seperti biasanya selain pada liburan Lebaran??

Pada hari pertama, kami pergi ke Dunia Fantasi. Agak di luar dugaan, Dunia Fantasi cukup ramai dikunjungi orang (hiks, rupanya sudah banyak orang yang memiliki pandangan serupa dengan kami). Saat melakukan pembayaran, kami melihat ada promo banner diskon hingga 40% dari BNI. Di saat itu, saya bersyukur karena kantor ‘memaksa’ saya memiliki rekening BNI untuk pembayaran gaji setiap bulannya. Lumayan, dari Rp 595.000, kami hanya perlu membayar Rp 416.500 untuk kami bersembilan. Ya, di samping diskon 30% BNI (karena menggunakan Debit Card), Dunia Fantasi juga memberikan complimentary ticket untuk para manula yang telah memiliki KTP seumur hidup. Pertama-tama, kami menonton Teater Simulator; tiap dua orang duduk berdampingan dan kursi terus bergoyang sesuai dengan film yang ditayangkan di layar lebar, menimbulkan sensasi yang begitu nyata dan mengasyikkan. Selanjutnya, kami pun bermain di wahana Perang Bintang; tiap enam orang duduk bersama dalam suatu pesawat bundar yang bergerak sesuai rel. Kami berusaha mendapatkan skor sebanyak-banyaknya dengan menembak berbagai monster dan target tembakan lainnya. Kami juga menaiki berbagai wahana, seperti Bianglala, Ontang-anting, Burung Tempur, Poci-poci, Jet Coaster, Rumah Miring, dll; sayangnya wahana Kora-kora sedang diperbaiki, sehingga kami pun tidak bisa menaikinya.

Hari kedua, kami mengunjungi Taman Safari. Seperti sebelumnya, jalan tol Jagorawi cukup lengang; namun jalan menuju Puncak (eit, ini bukan lagu AFI lho, hehehe) sangatlah macet. Setelah mengalami sedikit kebingungan karena Hoka-Hoka Bento dan Tahu Yun Yi tutup, kami pun membeli makanan di RM Ayam Goreng Panghegar sebelum masuk ke Taman Safari. Di luar dugaan, Debit Card BNI beraksi kembali dengan diskon 15%, terimakasih BNI! Waduh, antrian mobil begitu panjang di hampir semua rute di dalam Taman Safari, sungguh membuat kami harus berpikir ulang untuk mengunjungi Taman Safari saat libur Lebaran berikutnya. Sayangnya kami terlambat untuk mengikuti Safari Track (terakhir jam 11 pagi), di mana kita berjalan kaki melintasi jalur yang telah dipersiapkan untuk melihat berbagai aktivitas binatang dari dekat. Usai melihat berbagai satwa dari dalam mobil, selanjutnya kami pun menonton “Wild-wild West”, suatu atraksi yang sangat populer dan ditunggu-tunggu. Walau pernah menonton atraksi ini sebelumnya, namun ternyata ada berbagai perubahan detail pertunjukan sehingga masih mengasyikkan bagi orang-orang yang telah menonton sebelumnya.

Usai dari Taman Safari, kami pun menyantap Sup Ikan Batam yang sungguh segar. Daging ikan dan udang yang putih berpadu dengan kuah ikan yang segar. Taburan remah-remah ebi membuat kuahnya terasa makin sedap. Selain itu, potongan daging ikan, cumi, dan udang goreng kering dengan saus asam pedas sangatlah nikmat di lidah.

Hari ketiga, PPIPTEK di Taman Mini Indonesia Indah pun menjadi pilihan kami. Di sana, kami pun belajar mengenai berbagai penerapan sains bagi orang awam. Bagaikan pemain akrobat, anak-anak bisa menaiki sepeda beroda dua melintasi tali yang membentang tinggi. Ada berbagai ilusi mata beserta penjelasannya, ada pula alat peraga terjadinya tsunami, simulasi terjadinya petir, bayangan tertinggal, harpa tanpa dawai, dll. Sayangnya kami tidak bisa mengikuti demonstrasi sains pada pukul 2 siang karena strategi yang salah (belum makan sebelum memasuki tempat tersebut). Saya pikir tempat ini cukup bagus dan bermanfaat. Dengan tarif Rp 15.000 /orang, mestinya tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi tempat yang sangat bermanfaat ini.

Usai mengunjungi PPIPTEK, kami pun bergegas menuju Senayan City, sebuah mall mewah terbaru di daerah Senayan. Wuiih, memang benar-benar mewah. Gerai yang dibuka mengusung berbagai merek terkemuka di penjuru dunia. Bahkan supermarket-nya pun memajang berbagai barang kebutuhan sehari-hari dengan merek global. Bahkan saya melihat ada gerai Old Chang Kee yang banyak dijumpai di Singapura. Heran juga, di Singapura, Old Chang Kee dijajakan di kios pinggir jalan; namun di Indonesia, koq malah di mall mewah yah??

Malam harinya, kami ke Summarecon Mal Serpong. Untuk makan malam, kami memilih Nasi Campur Kenanga dan Bakut Sayur Asin di food court-nya. Sudah tiga tahun lebih saya tidak makan Nasi Campur Kenanga, dan malam itu rasa kangen saya terobati sudah. Kulit babi yang begitu crispy berpadu dengan sate babi yang juicy; sayangnya saking kenyangnya, saya tidak bisa memesan es Kopyor Durian yang begitu menarik hati. Usai makan, saya ke Gramedia untuk cuci mata. Wuiih, saya melihat tatanan buku yang tertata rapi sesuai dengan kategorinya. Ada beberapa buku baru yang belum saya lihat di Gramedia Semarang (padahal minggu lalu saya pergi ke Gramedia beberapa kali untuk mengurus promosi seminar Pak Ariesandi dan Sukarto di Semarang pada tgl 3 November) nanti. Usai dari Gramedia, saya pun nongkrong di Dante Coffee, menikmati segelas Iced Coffee Mocha yang sungguh nikmat.

Hari keempat merupakan hari terakhir kami di Jakarta. Karenanya kami banyak beristirahat (kecuali Elly yang langsung ‘kabur’ ke beberapa pusat perbelanjaan dekat rumah). Siangnya, kami pun ke Supermal di Lippo Karawaci. Anak-anak bermain di pusat permainan Amazon, dan saya kembali mengunjungi Gramedia. Tibalah waktunya untuk makan siang. Kami pun harus mengambil pilihan yang sulit antara Hanamasa dan Red Beans. Setelah mempertimbangkan segala sesuatunya (whalah!!), akhirnya kami pun memutuskan untuk makan di Red Beans. Ternyata ini adalah pilihan yang tepat. Dengan sederet hidangan seperti Sup Jagung Kepiting, Cumi Goreng Cabe Garam, Udang Goreng Mayonaise, Kakap Fillet Asam Manis, Baby Buncis Ca Sapi, Daging Sapi Hotplate, dst (soalnya ada hidangan yang lupa namanya), sungguh memuaskan lidah dan perut kami.

Demikianlah acara libur Lebaran kami sekeluarga di Jakarta. Sungguh empat hari yang penuh kesibukan, begitu menyenangkan, dan mengesankan. Kiranya Anda semua juga telah menikmati libur Lebaran yang juga mengasyikkan.

Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf atas kesalahan saya dalam penulisan blog selama ini, tingkah laku saya, dll. Kiranya berkah Tuhan menyertai kita semua. Amin.

Popularity: 13% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


3 Responses to 'Liburan Lebaran'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' Liburan Lebaran '.

  1. hendro said,

    on October 24th, 2007 at 3:17 pm

    seharusnya kamu cobain bakut sayur asin yang ada di pasar sinpasa, jangan di food court SMS, itu lebih yummy
    kok ke serpong gak bilang2, aku khan tinggal di gading serpong

  2. hian said,

    on October 25th, 2007 at 6:02 am

    #1: Wah Cun, thanks atas informasinya. Sejatinya saya mau keliling2 di pasar modern, termasuk sinpasa karena ada beberapa makanan yang sudah saya incar, tapi kata tuan rumah, kemungkinan besar tutup.. Jadinya batal ke sana, apalagi jadwal acara yang begitu padat..

    Eh, aku baru inget lho klo kamu tinggal di Gading Serpong.. Tahu gitu aku mampir yah.. Tempo hari itu, Elly lihat kamu di SMS lho, tapi dia ragu2 untuk panggil.. apalagi jaraknya jauh..

  3. veny said,

    on October 28th, 2007 at 5:14 pm

    Hian …
    bener2 liburan yg bgs yah buat kamu sekeluarga , saya malah out frm JKT to Garut .
    saya malah ga pernah lagi ke TMII , juga dah lama banget ga pernah ke T Safari . Dufan juga dah lama . ha ha … oh iya udah coba naek Tornado di Dufan ?
    biasa deh yah yg deket malah ga pernah yg jauhan malah didatangi .
    sukurlah kamu bisa betah dgn makanan selama di JKt .

Leave a reply