« - »

Seminar “Managing Business with Great Success” James Gwee

Posted on 19 November 2007

Sebelum kelupaan dan menjadi basi, saya ingin menceritakan pengalaman ikut seminar James Gwee di beberapa hari yang lalu di Solo. Seminar ini bertajuk “Managing Business with Great Success” yang diselenggarakan oleh PMS – Perkumpulan Masyarakat Surakarta, bertempat di Diamond Convention Center. Suasana di ruang seminar begitu ramai dipenuhi peserta; tampak absennya James Gwee di Solo selama 3 tahun sangat membuat orang Solo merindukan beliau dan langsung membanjiri seminar James Gwee ini.

Mengawali seminarnya, Pak James Gwee berlari dari bagian belakang menuju ke panggung. Sebenarnya saya mengharapkan sesuatu yang lebih heboh seperti yang terlihat di profil yang ditayangkan di LCD Projector, misalnya mengendarai sepeda motor gede, berpakaian ala Kaisar Romawi, berpakaian ala tentara siap tempur lengkap dengan tas ranselnya, dll. Walaupun demikian, beliau tetap saja membawakan seminarnya dengan sangat interaktif, entertaining, dan bermanfaat bagi para audiensnya.

Diutarakan bahwa untuk mendapatkan suatu hasil yang berbeda, maka kita harus merubah tindakan kita. Sayangnya dalam melakukan perubahan ini, kita akan menghadapi mental dan physical barrier karena kita cenderung ingin terus berada di zona nyaman kita.

Selanjutnya Pak James Gwee menjelaskan perbedaan owner, leader, dan manager. Seorang owner adalah seseorang yang menyediakan uang untuk menjalankan bisnis, menanggung semua risiko, dan mengharapkan keuntungan dari bisnis tersebut. Seorang leader adalah seseorang yang memiliki visi dan mengetahui menjadi seperti apa perusahaan itu dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan. Sedangkan seorang manager adalah seseorang yang digaji untuk melakukan koordinasi sehingga visi dari sang leader tercapai dan perusahaan mencetak keuntungan untuk sang owner.

Pak James Gwee mengutarakan bahwa Business is System – System works for you, not you work for the system. Namun sayangnya banyak bisnis yang mempunyai sistem yaitu kita sendiri. Sebenarnya 80% dari seluruh pekerjaan kita bersifat rutin, yang sebenarnya bisa disistemisasi. Jadi seharusnya kita melakukan sistemisasi bisnis dan menangani sumber daya manusianya.

Berbicara tentang sumber daya manusia, ada dua hal yang harus kita perhatikan yaitu attract dan retain orang yang tepat. Seringkali perusahaan bisa mempekerjakan orang yang tepat (attract), namun tidak berapa lama setelah bergabung, orang yang tepat itu pun meninggalkan perusahaan. Hal ini berpotensi menimbulkan masalah besar dalam perusahaan, karenanya perusahaan harus mampu melakukan kedua hal ini dengan baik.

Hal yang menarik, Pak James Gwee menjelaskan wealth dan money.

Menurut beliau, wealth itu seperti sungai, dengan tiga karakteristik yaitu sungai selalu berkelok-kelok dan tidak pernah lurus, lebar sungai tidak pernah sama, dan di sungai yang sehat, airnya mengalir dengan deras. Kita selalu mengalami pasang surut kehidupan, beberapa bagian dalam kehidupan kita ada yang lancar, ada pula yang seret. Saat mengalami masa sulit, hendaknya kita harus selalu mengarunginya dengan penuh optimisme karena sebentar lagi akan ada bagian kehidupan yang lancar dan berhasil.

Sedangkan money adalah air di dalam sungai. Untuk memperoleh air yang banyak, maka sungainya harus makin lebar dan makin dalam. Ada orang-orang yang memiliki sungai yang sempit dan dangkal, akibatnya tatkala terjadi hujan, sungai tersebut tidak bisa menampung banyak air. Sebaliknya, ada orang-orang yang memiliki sungai yang lebar dan dalam; walaupun airnya berkurang banyak (misalnya kemarau dll), namun tidak lama kemudian, sungai itu akan kembali dipenuhi air dari alam semesta ini.

Di bagian akhir seminar, Pak James Gwee menutupnya dengan cerita mengenai cara menangkap kupu-kupu yang indah. Banyak di antara kita yang berkonsentrasi menangkap kupu-kupu dengan melakukan massive action, mengejar kupu-kupu dengan jaring. Namun apa yang terjadi?? Kupu-kupu yang indah ini ternyata mampu bergerak lincah menghindari tangkapan jaring. Cara yang terbaik untuk memperoleh kupu-kupu yang indah adalah dengan membangun taman bunga yang indah. Saat bunga-bunga bermekaran, maka kupu-kupu akan hinggap menghisap madu dari kelopak bunga peliharaan kita. Bahkan kupu-kupu tersebut akan mengundang segerombolan kupu-kupu yang lain untuk datang ke taman bunga ini.

Sebelum meninggalkan seminar, saya sempat berbincang sejenak dengan Pak James Gwee. Di luar dugaan saya, ternyata beliau telah berencana untuk menghadiri seminar Sekolah Orang di Jakarta. Hal ini sungguh membesarkan hati saya, betapa seorang pembicara terfavorit Indonesia berkenan mengikuti seminar Sekolah Orangtua!!

Hian and James Gwee

Popularity: 27% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


5 Responses to 'Seminar “Managing Business with Great Success” James Gwee'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' Seminar “Managing Business with Great Success” James Gwee '.

  1. haseghawa said,

    on July 2nd, 2008 at 5:14 pm

    wow wonderfull story ..

  2. Hian said,

    on August 3rd, 2008 at 3:12 pm

    #Haseghawa: Glad you enjoyed the story..

  3. nur arifin said,

    on November 18th, 2008 at 11:40 am

    It is very encouraging story. It teaches us to be more enjoyful in live with strong motivation.


  4. on November 23rd, 2008 at 11:31 pm

    Wah, Ternyata Mas Hianoto merupakan salah satu penggemar berat pak James Gwee. Oh, ya . Apakah mas sudah tahu , bahwa pak James meluncurkan produk pembelajarannya melalui internet di http://www.seminarseumurhidup.com, Bagi setiap member yang bergabung dapat menyaksikan 100 lebih cuplikan-cuplikan video , mendengarkan 100 lebih cuplikan-cuplikan Audio dan 100 lebih Artikel. Biaya Administrasinya cuma Rp.300.000,- seumur hidup, dan dapat Bonus 3 CD + 1 pocket book senilai total Rp. 350.000,- . Kunjungi aja deh di http://www.seminarseumurhidup.com agar lebih lengkapnya, dan beritahu teman-teman lainnya.
    Thanks, Salam Fantastic !

  5. Hianoto said,

    on November 26th, 2008 at 1:07 pm

    @Nur Arifin: Yes, indeed. James Gwee is definitely a very good public speaker with his own presentation style.

    BTW it’s my pleasure to have you as a visitor in my website. Enjoy yourself here.

Leave a reply