« - »

WoSaMaC 2008 – Tingkat Nasional

Posted on 11 February 2008

Hari Sabtu tgl 2 February kemarin, saya ke Jakarta bersama Elly dan Brian. Jadwal pesawat Mandala yang seharusnya terbang dari Semarang jam 7:30 akhirnya mengalami penundaan, mungkin disebabkan karena situasi banjir di jalan tol ke Bandara Soekarno Hatta. Beruntung kami bisa menunggu di Executive Lounge sambil makan snack dan mengakses Internet melalui WiFi yang tersedia gratis di bandara Achmad Yani. Pesawatpun akhirnya berangkat pada jam 10:00.

Usai mengurus bagasi di bandara Soekarno Hatta, kami pun menunggu jemputan di luar. Akhirnya kami pun meluncur keluar bandara pada jam 11:45. Namun apa yang terjadi?? Antrian panjang telah menanti! Ini adalah kemacetan paling luar biasa yang pernah saya alami. Betapa tidak, kami membutuhkan lebih dari 4 jam untuk suatu perjalanan bandara Soekarno Hatta menuju Serpong/Tangerang. Padahal biasanya hanya memakan waktu 30-45 menit saja! Oleh-oleh lunpia Semarang yang kami bawa pun sangat membantu menangsal perut kami yang sudah sangat lapar ini. Alhasil, kami hanya berhasil menyelamatkan sebuah lunpia untuk oleh-oleh saudara di Jakarta 🙂

Hari Minggu adalah hari yang sibuk, karena Brian menghadapi lomba Sakamoto tingkat nasional untuk menentukan siapa yang akan mewakili Indonesia dalam World Sakamoto Mathematics Competition (WoSaMaC) yang akan diselenggarakan di Jakarta bulan Maret 2008.

Suasana di hotel Imperial Aryaduta di kawasan Lippo Karawaci terlihat sangat ramai. Ada sekian banyak orangtua berdiri menghantarkan anak-anak mereka mengikuti kompetisi Sakamoto tingkat nasional ini. Cuaca di pagi hari yang cukup dingin dan hujan rintik-rintik tidaklah menghalangi tekad mereka untuk terus menunggui anak-anak di sana.

Tibalah waktunya untuk kelas 1-3 SD mengikuti lomba. Ternyata anak-anak diharuskan memasuki ruangan pendaftaran sendirian, tanpa didampingi siapapun. Menarik, di usia mereka yang masih muda belia, mereka telah dilatih untuk bisa mandiri mengurus pendaftaran mereka sendiri, dengan membawa selembar formulir pendaftaran dengan identitas foto diri yang telah diverifikasi oleh sekian banyak pihak yang terlibat.

Mengingat waktu lomba yang cukup lama (sekitar 1.5 jam), akhirnya saya dan Elly memutuskan untuk mampir ke Lippo Supermal yang hanya sepelemparan batu jaraknya dari hotel tersebut. Wuih enak sekali berjalan kaki menyusuri jalan Lippo Karawaci. Banyak pohon rindang di kiri kanan jalan, membuat para pejalan kaki merasa nyaman di sini.

Usai lomba, kami pun menjemput Brian dan mengajaknya bermain di Timezone Supermal Karawaci. Wow, Timezone di sana menempati area yang sangat besar! Ada penawaran menarik saat itu, hanya dengan Rp 100.000, kita dapat bermain 70 permainan dari berbagai pilihan permainan yang begitu bervariasi, mulai dari harga Rp 1.250 hingga Rp 25.000! Tentu saja ini adalah penawaran yang sayang untuk dilewatkan. Segera kami bermain Venturer, di mana kita menonton sebuah film dibarengi simulasi gerakan dan goyangan kursi tempat duduk kita. Asyik dan cukup menegangkan. Selain itu, kami pun asyik bermain DinoDuel dan beberapa game balap mobil yang memungkinkan kita beradu balap dengan pemain lain.

Jam 3 sore, kami pun kembali ke hotel Imperial Aryaduta untuk melihat pengumuman hasil lomba. Jujur, tidak banyak yang kami harapkan mengingat kondisi persaingan yang luar biasa ketat. Rata-rata pemenangnya adalah peserta Sakamoto dari Jakarta. Tidaklah mengherankan, dengan jumlah siswa lebih dari 1.000 orang, Jakarta memiliki lebih banyak pilihan dalam menentukan perwakilan terbaik mereka.

Singkat cerita, Brian berhasil memperoleh ranking 10 nasional dan berhak mengikuti World Sakamoto Mathematics Competition 2008 yang kebetulan akan diadakan di Jakarta bulan Maret ini. Hal ini sangatlah kami syukuri, mengingat Brian baru mengikuti kursus Sakamoto selama 4 bulan saja. Apapun hasilnya, kami berpikir bahwa dengan mengikuti WoSaMaC, Brian sudah sangatlah beruntung karena bisa mendapatkan banyak pelajaran yang berharga dalam persiapannya selama satu bulan ini.

Popularity: 7% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


Leave a reply