« - »

Indonesia Bootcamp – Day 1

Posted on 21 April 2008

Hari pertama ini, sesi pertama dibawakan dengan sangat menarik dan begitu hidup oleh Pak Nukman Luthfie. Beliau mengungkapkan “Bagaimana Sukses di Dunia Maya”. Ada beberapa figur orang sukses di dunia maya yang dipaparkan, mulai dari eksportir maya (Pak Tonton Taufik, seorang eksportir mebel rotan), pedagang maya (Pak Roni Yuzirman dengan ManetVision-nya), hingga toko buku online dan toko elektronik/selular online, dll.

Dengan gayanya yang kocak, menghibur, namun menginspirasi, Pak Nukman memaparkan analisa bagaimana mereka bisa meraih sukses di dunia maya. Pertama, mereka harus memiliki suatu konsep yang unik, yang membedakan mereka dengan para pesaingnya. Kedua, mereka tahu persis target pasar yang mereka bidik dan apa kebutuhan mereka. Dan yang ketiga, bagaimana cara mendekati target pasar tersebut.

Sesi kedua cukup singkat, di mana para peserta menonton tayangan video singkat tentang Candi Borobudur yang dibuat oleh Pak Honda. Impresif dan bisa membangkitkan semangat para peserta untuk berkarya demi negeri tercinta, Indonesia.

Sesi ketiga adalah WordPress yang dibawakan oleh Pak Reza Yazdi. Sesi ini adalah sesi teknis mengenai dasar-dasar penggunaan WordPress. Para peserta diajarkan bagaimana memasang WordPress, mengenal Themes dan Plugins, membuat Post dan Page, dll.

Malam harinya, saya dan Sukarto menyantap bebek goreng kremes di rumah makan sebelah hotel tempat kami menginap. Dagingnya cukup empuk, namun ukurannya sungguh kecil; sangat berbeda jauh dengan Bebek Kayu Tangan di Surabaya yang juga saya nikmati bersama Sukarto saat mengikuti Supercamp Becoming a Money Magnet yang lalu.

Usai makan malam dan mandi, kami berdua berkesempatan mengikuti diskusi seru bersama Pak Nukman, Pak Riyeke, Pak Kadek, Robby, dan Tika; mengenai perjalanan hidup para suhu SEO hingga mencapai kesuksesan sekarang ini. Sungguh suatu pengalaman hidup yang sangat menginspirasikan. Setelah itu, ada beberapa peserta lain yang ikut bergabung meramaikan suasana. Kami mengobrol ngalor ngidul, mulai dari Internet Marketing hingga hipnosis hingga sekitar jam 12 malam lebih.

Popularity: 6% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


Leave a reply