« - »

Asem-asem – Koh Liem, Karanganyar

Posted on 1 November 2004

Bagi penggemar Asem-asem, nama Koh Liem pastilah terpatri di benak mereka. Bagaimana tidak, Asem-asem Koh Liem sangatlah terkenal bahkan diluar kota Semarang sekalipun. Bahkan ada teman yang rela datang jauh-jauh dari luar kota ke Semarang untuk makan di Koh Liem.

Koh Liem merupakan nama pemilik rumah makan fast-food di jalan Karanganyar, berdekatan dengan SMU Kolese Loyola. Jadi bagi Anda yang mungkin kesulitan menemukan jalan ini, cukup pergi ke daerah Karangsaru maupun Brumbungan; dan coba tanyakan pada orang disekitar sana. Tempatnya cukup bersih, nyaman, sejuk (walaupun tidak pakai AC, karena plafond rumah cukup tinggi).

Menu andalan disini adalah Asem-asem, yaitu daging sapi dan koyor dimasak dengan kuah; rasanya asam kecut (karena menggunakan blimbing wuluh yang cukup banyak) dan pedas (karena banyak cabai). Sungguh segar dan nikmat sekali makan nasi dan asem-asem panas-panas di siang hari.

Selain itu, banyak orang (termasuk saya dan istri) menggemari “olor” goreng, cumi ataupun kodok yang dimasak dengan mentega. Ada pula yang suka dengan kuah sosis dan telur pindangnya. Waduh, terus terang waktu ngetik blog ini, saya ngiler berat lho šŸ˜€

Pokoknya jangan sebut diri Anda sebagai penggemar Asem-asem kalo belum pernah makan Asem-asem Koh Liem. Don’t miss it !!

Popularity: 8% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


7 Responses to 'Asem-asem – Koh Liem, Karanganyar'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' Asem-asem – Koh Liem, Karanganyar '.

  1. setia said,

    on April 10th, 2007 at 6:19 pm

    haii

    baru nemu blog nya sekarang. aku juga asal smg dan tinggal di jkt skrg.
    thanks yah untuk posts nya ttg makanan semarang. bikin makin kangen.. bakalan lebi sipp kalo review2nya diberi foto. hehehe.

  2. hian said,

    on April 24th, 2007 at 5:59 pm

    Hi Bung Setia,
    Iya, ada cukup banyak rekan2 yang mengusulkan untuk memberi foto pada blog post makanan. Semoga bisa direalisasikan di waktu yang akan datang. Terimakasih atas comment-nya.

  3. sylvester lee said,

    on May 22nd, 2007 at 5:58 pm

    dulu sih i sekul di loyola, tahun 1993 udah lulus and sekarang ada di surabaya. apa koh liem warungnya sama seperti dulu, masih banyak kalender yang ditempel di tembok? kangen sih makan sana, udah 14 tahun gak pernah makan di sana. apa masih murah seperti dulu?

  4. hian said,

    on May 29th, 2007 at 11:54 am

    #3: Wah sekolah di Loyola yah?? Warungnya masih sama seperti dulu, banyak kalender, suasananya adem (karena sirkulasi udara yang baik), dll. BTW, tapi tempatnya agak sedikit pindah dari tempat yang lama (asumsi saya tahun 1993-an), tapi jelas terlihat koq..

    Mengenai harga, Koh Liem terhitung cukup mahal (bagi orang Semarang yang senengnya “Murah, Enak, Akeh (banyak)”. Tapi saya pikir cukup worth dengan kualitas makanannya koq..

  5. melanie said,

    on January 31st, 2008 at 7:10 am

    Rumah saya dekat warung koh Liem malah…hehehe.bener tuh olornya enak,apalagi cuminya.Tapi enak kalo gratisan ya…hihihi…maaf bercanda

  6. hian said,

    on January 31st, 2008 at 10:24 am

    @Melanie: Di mana-mana mah makanan, rasa yang paling enak ya “rasambayar” (baca: rak sah mbayar), hehehe.. Favorit saya di sana memang asem-asem, cumi, dan olor.. Enak tuh dekat warung Koh Liem, tinggal jalan saja.. Terkadang pusing urusan parkirnya..

  7. iengtax said,

    on November 16th, 2008 at 7:48 pm

    he’eh… aq jg orang semarang. blog ini bermanfaat bgt bwt wacana perut. hwakhakhakha… tp kalo dibilang RM koh Liem mahal ya ada rupa… ada rasa… ada harga to ya????

Leave a reply