« - »

Bangsa ini Harus Belajar Kedisiplinan (4)

Posted on 29 October 2004

Ada joke yang mengatakan bahwa di Indonesia, lampu kuning di traffic light bukan diartikan “Hati-hati, siap-siap untuk berhenti karena lampu merah”, namun malah diartikan “Ayo ngebut cepat, nanti berhenti karena lampu merah lho” :-(. Sayangnya ini bukan sekedar joke, namun sering terjadi dalam realita kehidupan sehari-hari.

Disamping itu, kebanyakan pengemudi kendaraan bermotor di Indonesia adalah pembalap amatiran, yang siap memacu kendaraannya begitu lampu hijau di traffic light menyala. Tidak jarang mereka melaju tanpa harus menunggu lampu hijau menyala, namun berdasarkan pengamatan mereka bahwa lampu merah di traffic light ruas jalan lain telah menyala dan inilah saatnya giliran traffic light di tempat mereka menjadi hijau.

Kombinasi dari kedua ini sangatlah menyeramkan; bayangkan ada sekian mobil/motor dipacu karena lampu kuning atau bahkan lampu merah baru saja menyala, sedangkan kendaraan lain sudah dipacu juga karena lampu hijau baru saja menyala atau pengemudinya mengira giliran lampu hijau mereka sudah tiba saatnya. Tidaklah mengherankan kalau sering kita baca berita di suratkabar yang menyatakan bahwa kecelakaan ini, kecelakaan itu, berakibat ada korban tewas, luka berat, etc; dan penyebabnya adalah pelanggaran traffic light.

Mari kita taati traffic light dengan sadar, tanpa harus melihat apakah ada pengawasan polisi disekitar traffic light atau tidak. Keselamatan jauh lebih penting daripada waktu. Adalah lebih baik terlambat 5 menit daripada mengalami kecelakaan di jalan; yang lebih baik tentunya adalah berangkat lebih awal untuk menghindari keterlambatan, daripada harus berangkat pas waktu namun harus mengebut di jalan, bahkan melanggar traffic light misalnya.

Popularity: 14% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


3 Responses to 'Bangsa ini Harus Belajar Kedisiplinan (4)'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' Bangsa ini Harus Belajar Kedisiplinan (4) '.

  1. TomboAti said,

    on October 29th, 2004 at 8:56 am

    Hm,..masalah kedisiplinan ini yang sering terabaiakan biasanya klo berangkat kerja kesiangan. Traffic light kuning= Tancap gas pernah akhirnya…dikejar pak polisi & digiring ke POS utk ditilang….wah lumayan juga dendanya.
    Makanya kedisiplinan harus berawal dari kesadaran & mentaati peraturan adalah salah satu bentuknya.

  2. Loloi said,

    on August 12th, 2006 at 7:23 pm

    emang benEr buAnget klo lampu lalu lintas it hRz d patuhi.bayangin az, klo d daerah jkt yg jumlah mobilny sgtoe bnyk misal semua pemakai jln asal tancap gas waktu lampu udah merah…wah!! gmn dengan orang” yg memakai jln raya?bahaya bgt kan?makany,klo negara tercinta ini ingin semakin maju maka kita harus mulai dr hal” kecil seperti matuhi peraturan lalu lintas dloe..

  3. Andri said,

    on July 30th, 2007 at 2:43 pm

    Kedisiplinan memang sangat penting dalam kehidupan kita. Tetapi yang jadi masalah, apakah pejabat kita sudah disiplin dalam menjalankan tugasnya. misalnya saja, rapat anggota DPR yang molor berjam – jam. apakah wakil – wakil pemerintah kita tidak mempunyai sikap disiplin dalam kehidupan berpolitiknya?. Disiplin harus tercermin dalam berbagai macam segi kehidupan.

Leave a reply