« - »

JalanSutra

Posted on 26 May 2005

Wah, saya sungguh beruntung dalam hal kuliner akhir-akhir ini. Sekian bulan yang lalu, saya menemukan komik idaman di toko buku Gramedia, yaitu Cooking Master Boy (sebenarnya oleh Elex Media di Indonesia, judulnya dirubah menjadi Master Cooking Boy, yang saya rasa sebenarnya salah menurut EYD, hahaha :-D). Komik ini sangat menarik karena mengisahkan kisah perjalanan kehidupan seorang anak kecil yang sangat tergila-gila pada memasak dan dia mempunyai kelebihan di lidahnya yang mampu mendeteksi semua bumbu dan bahan yang digunakan dalam suatu masakan hanya dengan mencicipinya; juga kelebihan lain yaitu mengembangkan suatu teknik memasak yang unik dan sungguh luar biasa saat dia menjumpai suatu kondisi yang baru atau lawan tangguh lain. Akhirnya dia pun terpilih menjadi Juru Masak Khusus, suatu gelar yang menandakan kehebatannya dalam dunia masak memasak.

Nah, sudah 1 minggu lebih saya berlangganan suatu milis yang direkomendasikan justru dari milis gadgets. Nama milisnya adalah JalanSutra. Menarik sekali deskripsi milis yang terpampang di YahooGroups, seperti berikut:

Jalansutra bukanlah Jalan Sutra (Silk Road). Dan Makansutra bukanlah Makan Sutra (silk eating). Ingat Kamasutra, Sutra (pengetahuan dan keterampilan) tentang Kama atau hal-hal yang menyangkut hubungan ragawi antara perempuan dan laki-laki. Jadi, Jalansutra adalah pengetahuan tentang jalan-jalan. Dan karena jalan-jalan biasanya juga melibatkan makan-makan, maka Jalansutra sekaligus Makansutra.

Jalansutra berawal dari tulisan Bondan Winarno di Kompas Cyber Media dan Suara Pembaruan Minggu. Berkembang menjadi sebuah komunitas yang mempunyai kepedulian terhadap hal hal yang berkaitan dengan Boga dan Budaya. Dengan semboyan yang selalu tertanam di benak JSers, Sekali Jalan-Jalan Terus Makan-Makan.

Disini saya bagaikan menemukan suatu komunitas yang sangat cocok, gemar makan-makan :-). Berbagai posting mengenai Lindung Ca Fumak, cara pembuatan Sayur Asin, liputan makanan enak di Solo, Yogya, dan Semarang; sungguh memikat lidah dan hati.

Bila Anda penggemar makan, berlangganan milis JalanSutra is a MUST. Untuk berlangganan, Anda cukup mengirimkan e-mail kosong ke jalansutra-subscribe@yahoogroups.com, lalu Admin milis akan meminta data diri Anda, dan voila, Anda akan tergabung dalam komunitas makan yang luar biasa asyik :-).

Popularity: 10% [?]

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya!


3 Responses to 'JalanSutra'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' JalanSutra '.

  1. eni said,

    on July 10th, 2005 at 6:54 pm

    sudah baca buku jalan sutra Bondan W blm ?
    asik tuh, buat referensi tempat makan en jalan

  2. Hari Sunanto said,

    on April 10th, 2007 at 7:07 pm

    Halo teman-teman,

    Aku juga sedang bikin buku tentang jelajah kuliner di Yogya dari A-Z, sekarang sedang proses setting di penerbit. Doain bulan Juni 2007 bisa terbit (rencanaku 2 jilid, habis tebal banget sih)

    Sukses buat semua, khususnya yang hobi buang sebal lewat wisata kuliner kayak aku.

  3. hian said,

    on April 24th, 2007 at 6:01 pm

    #1: Mbak Eni, maaf, comment Anda terselip. Sampai sekarang saya masih belum berjodoh untuk membaca buku JalanSutra-nya beliau; soalnya sudah tidak bisa ditemui di toko buku yang ada di Semarang.

    #2: Bung Hari, wah congratulation deh, semoga buku yang sedang Anda buat bisa segera menambah wacana jelajah kuliner di nusantara; apalagi saya juga sangat senang dolan sambil makan2 di Yogya. Thanks.

Leave a reply